www.gudeg.net, Yogyakarta - Ngayogjazz, sebuah festival musik jazz tahunan akan kembali digelar pada 18 November mendatang. Sejak awal, gelaran ini selalu memilih pedesaan sebagai lokasi pertunjukan. Tahun ini, acara yang pertama kali diadakan pada tahun 2007 ini berlokasi di Dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman.

Dusun dengan dengan jumlah KK sekitar 270 ini memiliki kegiatan-kegiatan kesenian. Antara lain, Bregodo dan Gejog Lesung. Mayoritas peduduknya bermata pencaharian petani, dengan tembakau sebagai komoditas unggulan.

Kepala Dukuh Kledokan, Haryadi, ketika ditemui Tim Gudegnet (19/10) mengatakan bahwa ia dan warga mendukung diadakannya Ngayogjazz 2017 di desa ini. “Senang sekali. Karena di samping mengangkat nama dusun, juga jadi tambah pengalaman muda-mudinya,” katanya. Ia juga berharap acara ini bisa mengangkat perekonomian di desanya.

Prayitno, seorang warga yang juga Ketua Paguyuban Gejog Lesung ‘Tjipto Sworo’ di Dusun Kledokan, mengatakan hal senada. “Semoga berlangsung lancar tanpa kendala suatu apapun,” ujarnya. Rencananya, Gejog Lesung dan Bregodo juga akan tampil dalam acara ini.

Lokasinya tak sulit dijangkau. Dari Kota Yogyakarta, menuju ke arah Jalan Jogja-Solo. Setelah Pom Bensin Tirtomartani (Jalan Jogja-Solo KM 13), belok ke utara. Ikuti jalan, sampai di Kantor Desa Selomartani, kemudian belok kanan. Lokasinya tak jauh dari sana.  

Ngayogjazz selalu dinanti dengan penampilan musisi-musisi handal. Acara ini dapat dinikmati secara gratis.