www.gudeg.net, Yogyakarta - Gelaran Ngayogjazz 2017 yang akan dilangsungkan di Dusun Kledokan, Selomartani, Sleman akan disiarkan secara live streaming dengan didukung oleh Citranet dan Jogja Streamers. Saat ini telah dipasang antena wireless, untuk jalur koneksi internet dari BTS (Base Transceiver Station) Citranet ke lokasi Ngayogjazz.

Wireless Technical Support Citranet, Tea Qaula Ferbia, saat dihubungi Tim Gudegnet mengatakan bahwa kendala yang dihadapi kali ini adalah penentuan tower. Ada 3 tower yang berbeda lokasi, yakni di SDN 1 Tunjungsari, rumah salah satu klien Citranet di sekitar lokasi, dan SMP 2 Kalasan. Pihaknya mengusahakan agar tower yang dipakai adalah tower di SD Tunjungsari supaya penarikan kabel ke arah data center Ngayogjazz tidak terlalu panjang.

Tea menambahkan, pihaknya menargetkan kecepatan koneksi internet yang dibutuhkan untuk acara ini minimal 40 mbps. “Sudah mencapai target, tapi tetap masih ditingkatkan untuk optimasi lagi dan membuat link back up,” katanya.

Kecepatan koneksi menurut Tea sangat berpengaruh besar, karena proses streaming membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cukup besar. Pada gelaran Ngayogjazz 2017, ada 5 panggung yang akan disiarkan secara live streaming. “Jadi untuk teman-teman di luar yang tidak bisa datang karena masih kerja atau apapun, dan di manapun, sampai luar negeri, masih tetap bisa menikmati Ngayogjazz,” ucapnya.

Hingga saat ini, Citranet masih dalam proses persiapan streaming Ngayogjazz 2017. Dihubungi secara terpisah, Herosimo Sribiko Nurjati, yang juga Wireless Technical Support Citranet mengatakan bahwa secara keseluruhan, hingga Jumat (10/11) persiapan Citranet untuk streaming Ngayogjazz 2017 telah mencapai 60%.

Untuk yang belum bisa hadir di Kledokan pada 18 November mendatang, jangan khawatir. Ngayogjazz 2017 akan disiarkan secara live streaming di jogjastreamers.com baik secara video maupun audio.