www.gudeg.net, Yogyakarta - Ngayogjazz 2017 menjadi ajang untuk komunitas-komunitas jazz yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk unjuk gigi. Sebut saja GDS, Soda Lounge, JAP (Komunitas Jazz Jogja), Komunitas Jazz Trenggalek, JJ and Friends (Jazz Community Solo), Omah Sogan (Pekalongan Jazz Society).

Penampilan GDS, komunitas jazz asal Jogja yang tampil di Panggung Doorstood dipadati penonton. Masing-masing personel sempat unjuk skill satu persatu. Lagu-lagu jazz yang mereka mainkan seolah menghipnotis penonton untuk tidak beranjak.

Di Panggung Gerilya, Soda Lounge yang juga berasal dari Jogja menyuguhkan penampilan enerjiknya cukup menarik perhatian penonton. Begitu juga dengan Trenggalek, yang tampil apik dan cukup banyak disaksikan oleh penonton bule. Bergeser ke Panggung Markas, penampilan JAP juga cukup  juga cukup mendapat apresiasi penonton.

Komunitas Omah Sogan, yang tampil di Panggung Merdeka tampil atraktif dan enerjik. Omah Sogan memadukan musik jazz dengan sastra, dengan membacakan puisi dalam penampilannya. Penonton tampak menikmati penampilan komunitas asal Pekalongan tersebut. Di panggung yang sama, akan tampil berikutnya Everyday Band.