Yogyakarta, Indonesia - www.gudeg.net Tumpengan Jumat, 18 November 2016 malam mengawali gelaran Ngayogjazz 2016. Pada tahun ini Ngayogjazz berlokasi di Padukuhan Kwagon, Sidorejo, Godean, Sleman yang merupakan sentra industri genteng. Tumpengan diadakan di halaman rumah Kepala Dukuh Kwagon, Sukiman, pukul 19.00 WIB. Dalam tumpengan tersebut hadir penggagas Ngayogjazz di antaranya Djaduk Ferianto, Vindra Diratara, Aji Wartono, dan Hattakawa selain itu hadir juga Sukiman selaku Kepala Dukuh, dan warga Padukuhan Kwagon.

Tumpengan tersebut bertujuan untuk kelancaran acara Ngayogjazz yang digelar Sabtu, 19 November 2016. "Walapun musim hujan, semoga Tuhan memberi berkah agar besok dapat terang dan lancar," jelas Sukiman. Acara tumpengan diawali dengan doa oleh Bapak Asrori Siswanto, salah satu tokoh di Padukuhan Kwagon. Setelah itu, prosesi potong tumpeng dimulai. Djaduk Ferianto memberikan potongan tumpeng pertama kepada Aji Wartono, kemudian tumpeng yang kedua diberikan oleh Sukiman kepada perwakilan warga padukuhan.

Acara Ngayogjazz rupanya disambut baik oleh warga Kwagon. “Saya senang karena banyak orang yg belum tahu jazz seperti apa dan masyarakat juga dilibatkan,” tutur Sudarsono warga Kwagon. Menurutnya event Ngayogjazz juga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat karena banyaknya orang yang akan menonton pertunjukkan ini membuka peluang warga untuk berjualan dan mengadakan bazar kecil-kecilan. “Saya pernah dengar musik jazz, waktu di Sidokarto saya lihat, gara-gara jazz ini saya kenal teman-teman baru,” tambah warga yang mempunyai Sanggar Pedalangan Nurcahya ini.

Perhelatan jazz akbar Ngayogjazz sudah memasuki tahun ke-10. Pada tahun ini Ngayogjazz mengusung tema “Hamemangun Karyenak Jazzing Sasama”. Ngayogjazz akan menampilkan 7 panggung, 1 panggung untuk karawitan dan 6 lainnya untuk penyanyi jazz lokal maupun nasional. Beberapa musisi yang akan menghibur pecinta jazz di antaranya Monita Tahalea, Fariz RM, Tohpati & Friends, Shadow Puppets & Harvey Malaihollo, dan masih banyak lainnya. Acara ini akan disiarkan juga melalui live streaming dari www.jogjastreamers.com.