Wisata Minat Khusus

Bursa Agro Jogja (BAJ) Kota Yogyakarta

Jl. Bantul Km. 1 Dongkelan, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta INDONESIA
Telp: +62-815-793-2737

Bursa Agro Jogja (BAJ) Kota Yogyakarta

Ulasan


Yogyakarta sebagai daerah perkotaan merupakan konsumen utama hasil pertanian hobies. Untuk melayani kebutuhan masyarakat tersebut Pemerintah Kota Yogyakarta membangun sentra pemasaran komoditas pertanian perkotaan terpadu melalui pengembangan Kebun Bibit Dongkelan Barat sebagai Bursa Pemasaran Pertanian Perkotaan atau lebih populer disebut sebagai Bursa Agro Jogja (BAJ). Dengan luas lahan kurang lebih 14.030 m2, BAJ terletak di Dongkelan, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

BAJ, yang resmi dibuka oleh Walikota Yogyakarta pada 20 Januari 2008 ini dirancang sebagai tempat yang nyaman untuk berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan pertanian pola perkotaan dengan kegiatan meliputi, pengembangan promosi dan informasi teknologi pertanian pola perkotaan melalui berbagai kegiatan pameran dan lomba pertanian pola perkotaan yang bernuansa hobies, pengembangan pemasaran hasil pertanian pola perkotaan melalui penyediaan sarana tempat penjualan, pengembangan taman pendidikan pertanian.

Untuk mendukung berbagai kegiatan tersebut maka program ruang dalam pengembangan BAJ terdiri dari berbagai zona yaitu, Zona Penerimaan, Zona Edukasi, Zona Display Tanaman Hias, Zona Retail Ikan Hias, Zona sub Raiser Ikan Hias, Zona Pameran dan Kontes Pertanian, Bangunan eks stasiun Dongkelan, Taman Pendidikan Pertanian, Gazebo Olahan dan Gazebo Kolam, tempat parkir dan sarana penunjang (mushola, tiolet dan taman bermain).

Saat ini, sudah ada beberapa zona yang telah dimanfaatkan yaitu, anjungan PIPA, zona yang berada di atas lahan seluas 1.500 m2 telah dikelola Pusat Informasi Promosi Agribisnis (PIPA). Anjungan ini digunakan sebagai tempat showroom dan transaksi komoditas pertanian perkotaan, terutama tanaman hias dan sarana produksinya (saprodi) termasuk sarana pendukung (pot, rak, alat semprotan dan lain-lain).

Gedung Display Pemasaran Tanaman Hias ini terdiri dari dua puluh lima kios yang disewa oleh Asosiasi/Kelompok Tani/Pelaku Usaha Pertanian untuk berjualan tanaman hias, saprodi dan pendukungnya.

Zona Pameran dan Kontes Pertanian dimanfaatkan sebagai sarana promosi keberadaan BAJ yang sielenggarakan sebulan sekali baik oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) sendiri atau swasta (event organizer) dan diikuti Asosiasi/Kelompok Tani/Pelaku Usaha Pertanian dari wilayah kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Zona Retail Ikan Hias terdiri dari dua puluh kios yang ditempati oleh Pedagang Ikan HIas Pasar Ngasem yang direlokasikan ke BAJ sejak 2007, mengingat Pasar Ngasem akan dikembalikan fungsinya sebagai wilayah Cagar Budaya Taman Sari.   

Zona Edukasi, Promosi dan Informasi Pertanian, zona yang belum sempurna ini sudah pernah dimanfaatkan sesuai fungsi dan kondisi sarana yang telah tersedia. Sebagai contoh, zona ini sering dipakai kegiatan Playgroup, TK, SD dan SLTP baik dari Kota Yogyakarta maupun dari luar propinsi.

Ada beberapa zona di BAJ yang belum dapat difungsikan dengan baik karena masih memerlukan penyempurnaan yaitu, Zona Sub Raiser Ikan Hias, zona ini dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat akan adanya ikan hias yang berkualitas mengingat salah satu potensi Kota Yogyakarta sebagai daerah konsumen utama ikan hias di Propinsi Daerah Istimewa Yogayakarta (DIY).

Bangunan Eks Stasiun Dongkelan, merupakan salah satu cagar budaya sebagai jalur transportasi kereta api jurusan Palbapang-Dongkelan-Salam-Magelang yang dimanfaatkan sebagai resto dan dikelola oleh pihak UPT/swasta.

Tempat menarik sekitarnya

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)
Traditional Market

Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY)

Pasar PASTY ini di resmikan pada tanggal 22 April 2010 oleh Walikota Yogyakarta Bapak Hery Zudianto. Sebelumnya Pasar PASTY ini berlokasi di Ngasem yang sekarang terkenal sebagai pasar pusat kerajinan dan seni yogyakarta. [...]

Lisa Salon
Salon dan Spa

Lisa Salon

[...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini