Seniman & Budayawan

Whani Darmawan

Jl. Dorodasih No. 29, Patangpuluhan Yogyakarta INDONESIA 55252

Whani Darmawan

Ulasan

Nama besar Whani Darmawan di atas dunia panggung tak lepas dari berbagai macam talenta yang diperolehnya selama bergulat dengan kehidupan dunia seni dari kecil hingga dirinya mengenal glamour dunia hiburan. Ia mengaku bahwa karakter dan kehidupannya saat ini adalah sebuah narasi dari ibundanya, Maria Gabriela Daryati, yang dipujanya sebagai ibu rumah tangga yang hebat. Tak lupa peran ayahanda yang adalah seorang wiyogo spesialis rebab turut mewarnai talenta berkeseniannya. Gudeg.Net berkesempatan berbincang selama beberapa jam dengan ayah dari Olga Paksindra Nareswara di kediamannya, Jl. Dorodasih No. 29, Patangpuluhan Yogyakarta.

Lelaki yang tampil hangat, spontan, dan tak sungkan menyapa teman terlebih dahulu ini, suka mendalami sesuatu hal secara learning by doing hingga ke dasar-dasarnya. Dengan hobi membaca, seniman serba bisa yang bernama lengkap Whani Hari Darmawan ini, menyiratkan sosok kontemplatif yang begitu mendalam. Baginya membaca tak hanya merupakan pengalaman personal tetapi juga memperkaya batin, pengetahuan dan mengembangkan hidup. Di ruang tamu, terdapat banyak buku. Rupanya ia menularkan kebiasaan membaca itu pada putrinya. "Sehari-hari aku menghabiskan waktu dengan membaca, menulis, dan sesekali nonton pertunjukan untuk saling belajar," ucapnya sambil menyulut rokok kretek yang dibelinya secara eceran.

LAHIR 24 MEI 1966, Whani memulai politik berkesenian dalam hidupnya di bangku SMP dengan puisi-puisinya dan dikirimkannya ke Renas (Remaja Bernas) di era 1985. Sembari pulang sekolah, ia sering pula menonton latihan Teater Dinasti di Pojok Beteng, dan lama kelamaan Whani kecil semakin bersemangat belajar di dunia aktor. Semangat itulah yang kemudian mengantarkannya bergabung dan mengikuti workshop teater di ASDRAFI. Tak lama, dunia keaktoran melambungkan namanya hingga dikenal publik. Padahal semasa di SMKI, Whani terbiasa menggarap tari kelompok dan tari individu. Namun dunia tari lambat laun tenggelam dalam-dalam semenjak Whani meneruskan pendidikan seni ke Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, di jurusan teater.

Setelah berada di Institut Seni Indonesia, ia mulai menyadari dan merasa tidak berbakat untuk sekolah dengan mengikuti sistem yang ada. Menurutnya, sekolah hanya menjadi pelengkap perjalanan hidup dan rangsangan pembelajaran secara komunal dan sebenarnya tidak bisa membentuk karakter seseorang. Tahun demi tahun selanjutnya adalah masa Whani bergulat dengan sanggar Aksara dan mendirikan Teater Stupa, Kelompok Titian, dan Teater Jiwa. Ketika menyoal tentang perbedaan seni berteater dari zaman ke zaman, ia berpendapat bahwa teater sekarang telah lebih pandai mengurus manajemen keuangan, organisasi, pengembangan kreativitas individual untuk berani berkarya secara otonom. Juga semangat berkesenian di Yogyakarta, dari dulu hingga kini, sama-sama besar.

Beberapa naskah yang pernah diperankannya antara lain "Awas" (Putu Wijaya, 1987), dan "Interogasi No. 1" (Arifin C. Noor, 1990). Dunia sinetron juga dicicipinya melalui "Dongeng Dangdut" (Sinetron Dedi Setiadi,1994) dan "Biola Bangsaku" (Sinetron Yudi Subroto, 1994) . Karya lain bersama nama-nama besar di dunia keaktoran seperti "Emaus" (Landung Simatupang, 1994), "Endgame" (Samuel Beckett/Yudi Ahmad Tajuddin, 1998), "Brigade Maling" (Teater Gandrik, 1999-2000), "Yunus Terapung di Lambung Paus" (Indra Tranggono/Hasmi, 2000), "Badut Pasti Berlalu" (Indosiar, 2001), "Mas Tom" (Teater Gandrik, 2002) dan "MetaNIETZSCHE; Boneka Sang Pertapa" (TUK, TBS-Jateng, LIP-Yogya 2002, Radison Hotel, Seratus Hari Alm. Prof. Dr. Umar Kayam), "Departemen Borok" (Teater Gandrik, 2003), dan "Monolog Orang-Orang Asing" (Pakubuwono Residence, 2003).

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini