Nature Tourism

Pantai Baron Yogyakarta

Baron, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta INDONESIA

Pantai Baron Yogyakarta

Review

Pantai memberikan kesenangan yang lengkap. Menurut catatan GudegNet, ada sekitar 30 pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satunya Pantai Baron. Simak kisahnya berikut ini!

Pantai Baron terbentuk karena pertemuan air laut dan air tawar. Dimana air tawar berasal dari sungai yang memiliki muara di salah satu sudut pantai ini. Konon katanya, situasi itu melambangkan perpaduan dua hati yang memiliki latar belakang berbeda.

Secara geografis, Pantai Baron ada di Kabupaten Gunung Kidul, kira-kira 40 kilometer, sebelah selatan kota Yogyakarta.  Seperti halnya daerah pegunungan lainnya, jalan menuju ke Pantai Baron penuh tanjakan, turunan dan tikungan-tikungan tajam. Pada sebelah kanan terbentang pemandangan berwarna hijau, biru dan coklat, gabungan antara pepohonan, laut di kejauhan dan batu karang. Ada juga barisan bukit kapur yang terkenal dengan sebutan pegunungan seribu.

Tak perlu kawatir, jalan dari kota Jogja menuju Wonosari relatif baik. Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bis atau mikro bis yang mangkal di perempatan Wonosari.

Pantai Baron bagian dari pantai selatan Jawa yang terkenal ganas.  Ombak yang besar, tinggi dan menggulung kerap memakan korban. Anda perlu berhati-hati ketika berenang dan tetap mematuhi peraturan yang ditetapkan. Jangan sampai liburan yang semestinya menyenangkan malah membawa duka.

Selain bermain air, Anda bisa melihat kehidupan nelayan di tepi pantai. Meskipun ombak tinggi, mereka tetap melaut demi sesuap nasi untuk keluarga. Seperti halnya terminal, kapal-kapal bermesin itu lalu lalang, ada yang membongkar muatan berisi ikan, ada juga yang pergi.

Lalu, Anda bisa menikmati ikan segar “fresh from the oven” yang datang dari laut. Puluhan warung yang berjajar di tepi pantai siap menghidangkan masakan laut yang lezat, menggoda dengan harga terjangkau. Menu favorit disini Sop Kakap. Sembari menunggu, Anda bisa bersantai di bawah rindangnya pohon-pohon kelapa bersama orang-orang yang Anda cintai.

Masih belum puas? Silahkan Anda mendirikan tenda di tepi pantai, bernyanyi, membakar ikan sambil menikmati cahaya bulan sampai matahari terbit. (teks: Albertus Indratno dirangkum dari berbagai sumber)

Nearby points of interest

Bintang Baru Hotel Yogyakarta
Budget Hotel

Bintang Baru Hotel Yogyakarta

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda ya [...]

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Get Selected Information Here