Transport

Terminal Penumpang Yogyakarta

Jl. Imogiri Giwangan Yogyakarta INDONESIA 55163
Phone: +62-274-378288, 7482222
Fax: +62-274-7483333

Terminal Penumpang Yogyakarta

Review

Arus distribusi orang, barang, dan jasa dari satu lokasi ke lokasi lain, kemudian berhenti pada konsumen akhir, hanya dimungkinkan terjadi dengan baik bila ada jasa transportasi yang diatur dalam manajemen yang baik pula. Oleh karena itu, Terminal Penumpang Tipe A Yogyakarta hadir  sebagai gerbang bisnis representatif yang menjadi akselerator perekonomian daerah, utamanya di kawasan Jogja selatan.

Dibangun di atas lahan seluas 5,8 ha di tepi Jl. Lingkar Selatan, Terminal Giwangan mengikuti Tata Ruang Perda No. 6 Tahun 1994 tentang Rencana Tata Ruang Untuk Kota (RTRUK). Sebagai satu-satunya terminal bertipe A, terminal ini mampu mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di pusat kota. Selain itu, kehadirannya di kawasan Giwangan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Bangunan terminal kebanyakan terdiri dari dua lantai. Lantai pertama difungsikan untuk aktivitas angkutan umum yang dibagi per wilayah dan jenis angkutan. Misalnya untuk angkutan AKAP diletakkan di ujung timur terminal dan AKDP di bagian tengah. Kemudian lantai kedua untuk aktivitas para pengguna jasa transportasi dan termasuk di dalam lantai dua, terdapat ruang tunggu dan berbagai fasilitas penunjang lain.
 
LAYANAN
- Pengobatan,
- Informasi dan pengaduan,
- Kantor organisasi angkutan darat (ORGANDA),
- Keamanan

FASILITAS
Terminal Giwangan disebut juga sebagai terminal BERTAMAN (Bersih, Tertib, Aman, Nyaman, dan Berwawasan Lingkungan). Untuk menciptakan kelancaran aktivitas transportasi dan kenyamanan pengguna jasa transportasi, disediakan berbagai macam fasilitas, seperti:

Fasilitas Utama:
- jalur pemberangkatan,
- jalur kedatangan,
- termpat parkir kendaraan selama menunggu keberangkatan, termasuk tempat tunggu dan istirahat kendaraan umum,
- bangunan kantor terminal,
- ruang tunggu penumpang atau pengantar,
- menara pengawas,
- loket penjualan karcis,
- rambu-rambu dan papan informasi (petunjuk jurusan, tarif, dan jadwal perjalanan).

Fasilitas Lain:
- kamar kecil,
- musholla,
- kantin,
- telepon umum,
- tempat penitipan barang,
- taman

TIP & TRIK
Terminal Giwangan memiliki beragam pembagian area terminal. Luasnya wilayah terminal dapat membingungkan calon penumpang yang baru berkunjung untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, perhatikan fasilitas rambu-rambu dan papan informasi berupa petunjuk jurusan, tarif, dan jadwal perjalanan untuk efektivitas waktu Anda.

Perhatikan keutuhan barang bawaan Anda. Bila Anda membutuhkan bantuan keamanan, segera hubungi tim keamanan dari pihak pengelola Terminal Giwangan yang berada di setiap ruangan.

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM

JogjaFamily 100,9 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Get Selected Information Here