Berita

Viral, Upacara HUT Kemerdekaan RI Ini Bikin Merinding

Oleh : Budi W / Jumat, 18 Agustus 2017 10:00
Viral, Upacara HUT Kemerdekaan RI Ini Bikin Merinding
Upacara Bendera ala Bajak Laut di Jogja Bay

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 diperingati secara ekspresif oleh masyarakat di Indonesia. Di Jogjakarta, upacara ini dilakukan disejumlah tempat dan tentunya membuat peserta merinding dan timbul rasa nasionalismenya. Berikut Tim Gudegnet berikan informasi terkait upacara kemerdekaan RI dibeberapa tempat.

#1 Upacara Bendera Ala Bajak Laut

Jogja Bay, waterboom terbesar di DIY ini menggunakan kapal bajak laut untuk lokasi upacara bendera dalam memperingati kemerdekaan. PR Jogja Bay, Martya Dewati pada Tim Gudegnet mengatakan, upacara ini merupakan upacara kedua namun pengibaran bendera merah putih diatas kapal baru pertama kali dilaksanakan oleh pihak penyelenggara. Total peserta yang ikut upacara pagi itu sebanyak 400 orang.

#2 Upacara Bendera Ala Endank Soekamti

Endank Soekamti dan siswa-siswa DOES University menggelar upacara peringatan kemerdekaan di kampus DOES University. Meski mengambil lokasi upacara diluar Jogja, kemeriahan HUT RI ini pun cukup membuat Kamties yang tidak mengikuti kegiatan tersebut cukup takjub sekaligus bangga. Dalam sambutannya, Dory yang juga gitaris Endank Soekamti mengajak peserta upacara untuk memberikan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi, dengan segala kemampuan, ilmu, dan keterampilan yang dimiliki.

#3 Upacara di AAU

Upacara Peringatan Hut Kemerdekaan ke- 72 di Lapangan Dirgantara AAU dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy. Dalam pidatonya, ia mengatakan bahwa nilai-nilai perjuangan yang dilahirkan para pejuang itu memiliki sifat hakiki, lestari, luwes dan dinamis, karenanya tetap relevan untuk dijadikan motivasi dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa ini. Denganmerefleksikan dan memproyeksikan nilai-nilai perjuangan diharapkan akan menggugah kembali kuatnya nasionalisme, mendorong tumbuhnya militansi bangsa dan menginspirasi kematangan jatidiri serta kultur bangsa.

#4 Upacara dengan baju adat di UGM

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-72 di Universitas Gadjah Mada (UGM) diwarnai dengan penampilan baju adat Indonesia. Ratusan warga UGM bersolek dan mengenakan berbagai pakaian adat se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Rektor UGM menyampaikan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Merujuk tema sentral peringatan HUT RI tahun 2017 yaitu “Indonesia Kerja Bersama”, dalam sambutannya Sultan menyampaikan pentingnya membangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan semangat kerja bersama.

#5 Upacara di dalam Goa

Goa Jlamprong, kemarin (17/08) menjadi lokasi upacara bendera di perut bumi. Kegiatan yang diinisiasi oleh tim Kalisuci Cave tubing ini mengajak para pemuda untuk melaksanakan pengibaran bendera ditempat yang cukup sepi dari hingar bingar kota. Dengan masuk ke kedalaman 500 meter, para peserta dengan khidmat mengikuti peristiwa langka tersebut. (Foto: Herry Hermawan)


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini