Seni & Budaya

Dinas Kebudayaan Kota Jogja Gelar Potensi Kelurahan Budaya

Oleh : Budi W / Kamis, 14 September 2017 14:08
Penampilan Pawai Gelar Potensi Kelurahan Budaya/Budi W

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta siang ini melangsungkan kegiatan Gelar Potensi Kelurahan Budaya di Jalan Kartini, Sagan, Yogyakarta. Event yang berlangsung pada 14-16 September 2017 tersebut diawali dengan pawai kesenian dan potensi 45 kelurahan se-Kota Yogya. Menurut Ketua Panitia Gelar Potensi Kelurahan Budaya, Dinas Kebudayaan Kota Yogya, Fitri Dyah Anggraini mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan potensi budaya ke masyarakat luas.

"Semenjak Terban dan Kricak ditetapkan sebagai kelurahan budaya, sudah menjadi konsekuensi bagi Kota Jogja untuk mengawal 2 kelurahan beserta 18 kelurahan rintisan budaya untuk melestarikan potensi seni dan budaya ditempat tersebut," ungkapnya.

Kegiatan perdana ini, dapat dikatakan sebagai kawah candradimuka bagi kelurahan untuk memberikan suguhan kesenian, adat tradisi, bahasa sastra, aksara, kerajinan hingga permainan tradisional. "Tak hanya itu, saat kelurahan budaya mendapat Surat Keputusan DIY Nomor 262/KEP/2016 mengenai Kelurahan Budaya, otomatis hal-hal yang tertuang seperti warisan budaya, bangunan, kuliner dan tata ruang juga masuk didalamnya" tambah sosok periang tersebut.

Dalam hal inovasi, setiap kelurahan budaya dan kelurahan rintisan budaya memiliki dinamika perkembangan yang beragam. Hal ini terjadi karena setiap wilayah memiliki kendala yang berbeda. Saat beberapa kelurahan aktif, dapat muncul sejumlah inovasi. Namun ada pula yang memiliki kekurangan lain seperti tempat latihan yang tak memadai, SDM serta masalah lain yang tentunya berpengaruh pada perkembangan kesenian dimasing-masing wilayah.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masing-masing kelurahan dapat saling bertukar informasi, sharing kendala sekaligus perkembangan demi kemajuan bersama," tukasnya ramah.

Sebagai informasi, hari pertama Gelar Potensi Kelurahan Budaya akan dimeriahkan oleh penampilan barongsai, Jathilan Kreasi Baru, Tari Aceh, Tarian Super Anoman dengan bintang tamu Gamelis Gamler. Hari kedua, acara akan berlangsung dengan menghadirkan Tarian Cipat Cipit, Keroncong, El Mariachi, Emperan Akustik dengan bintang tamu Plenthonk Konslet. Hari terakhir, akan ada persembahan Dolanan Anak, Tari Lenggot Siwi, Tari Topeng Ngreni, Keroncong VOC serta penampilan solois kenamaan, Dinno Alshan.  
 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini