Kuliner

Bernostalgia di Serabi Kocor Mbah Padmo, Jajanan Tradisional Khas Jogja

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 06 April 2018 17:00
Bernostalgia di Serabi Kocor Mbah Padmo, Jajanan Tradisional Khas Jogja
Serabi Kocor Mbah Padmo - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

 

Gudegnet - Serabi yang disajikan dengan kuah ini telah jarang ditemui di Jogja. Serabi Kocor Mbah Padmo, bisa jadi penawar rindu untuk yang sudah pernah menyantapnya. Untuk yang belum pernah, tentunya sangat boleh mencicipi.

Warung ini tak sulit ditemui. Alamatnya ada di Jalan Bumijo No 2. Di bagian depan ada anglo-anglo kecil dan wajan dari tanah liat untuk membuat kuliner tradisional ini. Selain original, ada varian rasa kekinian seperti cokelat hingga keju susu.  

Meneruskan usaha neneknya, Cindarsatio Damarhapsoro membuka warung serabi ini. Ia mengisahkan, suatu ketika ia bermimpi bertemu dengan neneknya yang telah meninggal. Berangkat dari situ dan melihat telah amat jarangnya serabi kocor di Jogja ia lalu berpikir untuk membuka warung serabi.

“Bahkan banyak yang nggak tahu kalau Jogja itu punya serabi. Taunya dari Solo, atau Ambarawa,” ujar Cin, sapaan akrabnya.

Ia mulai mencari dan mencoba-coba resep dan kemudian membuka warung sejak 2012. Dulu sempat ia berjualan di garasi rumah, dan ternyata animonya besar. “Mungkin karena ada unsur nostalgia juga," tuturnya. 

Sempat ia tinggalkan untuk kuliah di luar negeri, pada 2016 Serabi Kocor Mbah Padmo kembali ia buka.

serabi kocor

Cin selalu menyapa pembeli. Perbedaan antara Serabi Jogja dan Solo merupakan topik yang sering ditanyakan pembeli dalam obrolan. Ia mengatakan, serabi Solo dibuat dari tepung beras dan di atasnya ada santan kanilnya, tidak menggunakan kocor.

Sedangkan Serabi Jogja tepungnya bisa campuran dari tepung terigu dan tepung beras, tepung beras saja, atau tepung beras dan ampas kelapa, dan diberi kocor. Kocor atau kuahnya sendiri dibuat dari santan, gula jawa atau gula aren dan pandan.

Di warungnya, serabi disajikan dalam mangkuk berisi kuah kecokelatan. Rasanya gurih dan manis. Meski ada  varian rasa lain di warungnya, Cin selalu merekomendasikan pembeli untuk mencicipi serabi kocor original. “Supaya tidak hilang, bahwa Jogja juga punya serabi,” ucapnya. Perlahan banyak pembeli yang lebih muda datang ingin tahu rasa serabinya.

Menemani menyantap serabi, ada wedang secang, bajigur, secang, kopi hitam, dan teh. Harga Serabi Kocor Mbah Padmo berkisar Rp 7000 hingga Rp 10.000. Buka dari jam 16.30 hingga 22.30.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini