Pariwisata

Upaya Capai Length Of Stay 2019, Dispar DIY Tingkatkan Atraksi Menarik di Destinasi Wisata

Oleh : Karni Narendra / Rabu, 09 Januari 2019 14:58
Upaya Capai Length Of Stay 2019, Dispar DIY Tingkatkan Atraksi Menarik di Destinasi Wisata
Kepala Badan Pemasaran Dispar DIY Marlina Handayani, S.pd, MM/Karni N

Gudeg.net - Memasuki tahun 2019, Dinas Pariwisata DIY membuka lembaran baru. Diawali dengan kepindahan kantor dari Jalan Malioboro ke Jalan Janti KM. 4 (barat JEC), di mana nantinya kantor ini juga difungsikan sebagai pusat layanan informasi wisatawan atau Tourism Information Center (TIC).

“Dengan adanya TIC di sini , agar penyebaran informasi lebih luas dan merata,” jelas Kepala Badan Pemasaran Dispar DIY Marlina Handayani, S.pd, MM sewaktu ditemui gudeg.net (7/1).

Dalam waktu dekat Dispar DIY juga sudah menyiapkan berbagai macam kegiatan dan event menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan domestic ke Yogyakarta.

Terkait dengan upaya untuk mencaapai target, bidang pemasaran Dispar DIY berkolaborasi dengan dinas terkait lainnya seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Travel Agent, PHRI dan badan Promosi Pariwisata DIY akan melakukan kunjungan kerja ke berbagai negara.  

Di awali dengan kunjungan ke Matka-Nordic Finlandia pada Bulan Maret 2019. Dispar bersama Gubernur DIY dengan melibatkan Dinas kebudayaan sebagai tim kesesian, dan PHRI yang akan mengenalkan potensi kopi lokal Merapi, dalam hal ini PHRI menggandeng Hotel Gaia Cosmo sebagai tenant. Tidak ketinggalan pula Disperindag dan Kadin.
Setelah itu akan disusul dengan kunjungan ke negara yang lainnya seperti Thailand, Vietnam, Jepang dan Negara-negara lainnya.
Tidak hanya promosi ke luar negeri, Dispar DIY juga mengadakan event promosi di dalam negeri dengan menggelar sejumlah event seperti Table Top di Kalimantan, Bali and Beyond Travel, Tour The Jogja, JITM (Jogja International Travel Mart), JISP (Jogja International Street Performance), JIHW (Jogja International Heritage Walk dan juga mengundang jurnalis dari luar negeri untuk ikut mempromosikan wisata di Yogyakarta.
Berbicara mengenai target kunjungan wisatawan, Marlina menjelaskan bahwa di lima tahun terakhir, setiap tahunnya terjadi kenaikan kunjungan wisman sekitar 10 – 15 persen dan wisdom sekitar 20 – 25 persen .

“Namun saat ini kita belum bisa mencapai target length of stay, hal ini akan diantisipasi dengan meningkatan destinasi wisata,” tuturnya lebih lanjut.  

“Upaya yang sudah dilakukan bagaimana kita (Dispar) semakin meningkakan jumlah destinasi wisata. dari destinasi wisata itu kita perlu adanya bagaimana agar lebih menarik yaitu dengan adanya atraksi-atraksi,” ungkapnya.

Marlina memberi contoh salah satunya Tebing Breksi, yang sekarang sering digalakan dengan diadakan berbagai macam event seperti Digifest, parade gamelan dll.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini