Sosial Ekonomi

Ukulele Bantul, Bahan Lokal Tembus Pasar Internasional

Oleh : Rahman / Kamis, 10 Januari 2019 19:19
Ukulele Bantul, Bahan Lokal Tembus Pasar Internasional
Wafiq Giotama(kiri)dan Fadil(kanan) Pemilik Pelem Ukulele di Ngipik Banguntapamn Bantul.(10/1),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Salahsatu jenis alat musik petik yang sangat familiar dikalangan umum adalah gitar dan ukulele. Dalam perkembangannya gitarlah yang paling banyak diminati namun pada akhir ini beberapa kalangan mulai meminati ukulele.

Itulah salahsatu yang mendasari dua orang pemuda dari Yogyakarta Wafiq Giotama dan Fadil Firdaus untuk memproduksi Ukulele dengan kualitas internasional dan harga terjangkau.

“Kami memproduksi gitar Ukulele jenis Hawai yang memiliki badan gitar lebih kecil dan memiliki empat senar,” ujar Wafiq saat ditemui di rumah produksinya,(10/1).

Iapun menjelaskan bahwa gitar ukulele produksinya menggunakan beragam jenis kayu diantaranya kayu mahoni, mangga dan akasia. Pilihan tiga kayu tesebut karena serat nya yang cukup baik untuk dijadikan gitar,jelas Wafiq.

Menggunakan nama Pelem Ukulele,rumah produksi yang telah berdiri sejak tahun 2011 ini hanya menerima pesanan saja yang pada awalnya dipasarkan melalui online.

“Satu buah ukulele dapat kami dikerjaan paling lama sekitar 6-8 minggu,dari pemilihan kayu hingga finishing dan siap kirim. Kami pernah mendapat pesanan dari beberapa selebriis penggemar gitar seperti Fadli Padi dan Ivan Payung Teduh bahkan personiil Slank pun pernah memakai produk ukulele kami,jelasnya.

Ukulele yang dijual dengan kisaran harga antara Rp.1,5 hingga termahal Rp.8 juta ini sudah terekspor hingga berbagai negara di dunia seperti Amerika, Belgia,Korea dan Thaiiland. Untuk Indonesia sendiri pesanan ukulele banyak tersebar dibeberapa propinsi seperti Bandung dan Jakarta.

Yang membedakan tempat produksi Pelem Ukulele dari yang lainnya ialah dari proses pembuatannya. Dimulai dari pilihan kayu jenis Solid Wood(kayu solid) yang akan menghasilkan suara lebih bagus, proses Bracing (penambahan kayu sebagai penghantar getaran), dan terakhir proses Handvoicing(penyamaan suara dari ketebalan kayu dengan ketukan).

“Karena kami home industry atau inustri rumahan jadi ya semua digarap secara manual hanya terkadang menggunakan teknologi laser untuk pesanan ukulele dengan logo atau gambar,” tutur Wafiq saat diwawancara. 

Untuk pemesanan dapat langsung mengunjungi Pelem Ukulele yang beralamat di jalan Ngipik Wirono Baturetno Banguntapan Bantul atau melalui media sosial Instagram @pelemukulele maupun website resmi mereka di pelemukulele.com/mahogany .

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini