Pendidikan

Pakualaman Gelar Lomba Literasi Aksara Jawa Tingkat Nasional

Oleh : Rahman / Senin, 11 Februari 2019 22:01
Pakualaman Gelar Lomba Literasi Aksara Jawa Tingkat Nasional
Seorang Pelajar Mengikuti Lomba Literasi Aksara Jawa di Kepatihan Pakualaman Yogyakarta,(11/2),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ratusan pelajar mengikuti Lomba Literasi Aksara Jawa yang diadakan oleh Puro Pakualaman di Kepatihan Pakualaman, Senin (11/2). Lomba ini bertujuan untuk mendukung upaya pengembangan kebudayaan di bidang kesusastraan baik di ranah lokal maupun nasional. 

Lomba literasi aksara jawa ini dikhususkan bagi pelajar baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Koordinator Lomba Literasi Jajarmas Darmopanambang mengatakan bahwa perlombaan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Hadeging Kadipaten Pakualaman 207 Taun Masehi/ 213 Taun Jawa.

“Lomba ini adalah bagian dari acara Hadeging Pakualaman yang ditujukan bagi para pelajar setingkat nasional, semua bisa mengikutinya,” ujarnya.

Total peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah 230 peserta dari berbagai sekolah. Untuk peserta tingkat SD lomba hanya sebatas menyalin aksara Jawa menjadi tulisan latin dan untuk peserta SMP juga sebatas menyalin aksara Jawa menjadi tulisan latin namun diwajibkan latin tegak sambung,tambah Jajarmas.

“Sedangkan untuk peserta tingkat SMU diwajibkan untuk membuat Renggan atau bingkai penghias aksara Jawa dan diwarnai sesuai keinginan peserta,” tutur Jajarmas.

Jajarmas mengungkapkan, peserta ada yang berasal dari Trenggalek, Gresik dan Ajibarang Banyumas, ini membuktikan bahwa peminat literasi aksara Jawa mulai diminati oleh para generasi milenial saat ini, ungkapnya.

Pada lomba literasi ini yang menjadi bahan acuan lomba berasal dari sebuah buku sastra karya seorang abdi dalem Puro Pakualam yaitu Sri Ratna Saktimulya (Nyi Mas Tumenggung Sestrarukmi). Ia juga merupakan salahsatu dosen Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Budaya Sastra Jawa.

Panitia berharap dengan adanya lomba ini para generasi muda dapat meningkatkan minat membaca aksara Jawa sekaligus mencintai salahsatu budaya bidang kesusastraan Jawa ini.  

Nantinya para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uamg pembinaan. Dan keseluruhan hasil dari perlombaan akan dipamerkan pada saat upacara resepsi Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman tanggal 9 Maret 2019.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    RadioQ 88,3 FM

    RadioQ 88,3 FM

    RadioQ 88,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini