Seni & Budaya

ArtJog Tahun Ini, Apa yang Berubah?

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 12 Februari 2019 15:18
ArtJog Tahun Ini, Apa yang Berubah?
Sosialisasi ArtJog MMXIX dan Jogja Artweeks di JNM, Pendapa Ajiyasa-Gudegnet/Trida


Gudeg.net – ArtJog adalah perayaan seni yang selalu ditunggu-tunggu oleh seniman, penikmat seni, dan masyarakat umum. Acara ini memang ingin membudayakan seni sebagai bagian hidup, bukan hal yang eksklusif milik sebuah kelompok.

Ada yang berbeda dengan ArtJog tahun ini. Dari nama, ArtJog tidak lagi menggunakan angka arab, melainkan angka romawi. Jadi, bukan Artjog 2019, tetapi ArtJog MMXIX. Kali ini, ArtJog mengusung tema ‘Arts in Common’.

Judul besar tersebut diambil dari kata ‘the commons’ yang oleh salah satu kurator ArtJog MMXIX, Agung ‘Jennong’ Hujatnika diartikan secara harfiah sebagai ‘yang biasa’ atau ‘yang umum’.

“Perumusan tema ini tak lain adalah bagian dari upaya untuk menjadikan perhelatan ini semakin ramah dan membumi untuk segenap kalangan audiens, sehingga ArtJog dapat lebih dekat dengan penikmat seni seluas-luasnya," ujar kurator baru di ArtJog MMXIX ini di sosialisasi Jogja Art Week dan ArtJog MMXIX di Pendapa Ajiyasa, Jogja National Museum, pekan lalu.

Secara spesifik istilah ‘the commons’ mendefinisikan suatu khazanah berbagai informasi, pengetahuan, benda atau sumber daya yang diwariskan dan diciptakan secara individual maupun kolektif, dan dapat bertahan dan dapat dimanfaatkan secara luas untuk generasi mendatang.

Agung juga membawa konsep tiga tahunan sebagai sesuatu yang baru di helatan tahunan ini. Sebelumnya, ArtJog dikenal menerbitkan tema tahunan yang selalu dinanti masyarakat.

Agung menjelaskan bahwa tema ‘Arts in Common’ ini hendak menawarkan pemahaman, bahwa apa yang ditampilkan dalam ArtJog hingga tiga tahun ke depan dengan tema yang sama adalah semacam irisan, atau kumpulan hal yang mempersatukan keragaman ekspresi seni dan kreativitas berbagai individu dari berbagai latar sosial, budaya dan bangsa.

Arts in Common melihat bahwa ekspresi kesenian pada dasarnya adalah manifestasi dari kreativitas, sebagai sumber daya dalam individu manusia yang paling manusiawi. Seharusnya hal ini menjadi ‘pengetahuan bersama’.

“Tema besar ini selaras dengan penegasan ArtJog sebagai sebuah festival seni rupa kontemporer internasional," tambah Agung.

ArtJog MMXIX akan dilaksanakan 25 Juli sampai 25 Agustus 2019 di area Jogja National Museum, Jl. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan-Yogyakarta.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini