Sosial Ekonomi

Dirjen IKMA Kemenperin RI Resmi Buka Jiffina 2019

Oleh : Rahman / Rabu, 13 Maret 2019 21:37
Dirjen IKMA Kemenperin RI Resmi Buka Jiffina 2019
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih (kanan) didampingi Ketua Komite Jiffina 2019 Endro Wardoyo (kiri) memukul Gong tanda Dibukannya JIFFINA 2019 di JEC Yogyakarta,(13/3)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Perhelatan pameran akbar bertajuk Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia (Jiffina) 2019 secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih yang mewakili Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto yang berhalangan hadir di Jogja Expo Centre (JEC), Rabu (13/3).

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa Kementerian Perindustrian akan terus mendorong perluasan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) secara Nasional.

“Pada sektor Industri furnitur dan kerajinan lokal kami fasilitasi untuk mengikuti pameran seperti Jiffina yang telah berskala dunia atau internasional ini,” ujarnya.

Gati menuturkan, sebagai salah satu pameran furnitur dan kerajinan terbesar di wilayah Asia, Jiffina menjadi sangat menarik karena para konsumen dunia makin antusias berdatangan untuk mencari berbagai produk terbaik Indonesia. Ini terlihat dari meningkatnya para buyers yang hadir pada gelaran ini.

Gelaran Jiffina yang sudah memasuki tahun ke empat ini merupakan pameran yang dikemas dengan berbagai penawaran menarik bagi para buyer termasuk Company Visit dan Jogja Tour. Dan diharapkan terjadi peningkatan dari tahun 2018 diimana Jiffina dikunjungi oleh 3.843 pengunjung dengan total buyers 858 dari 40 negara.

“Kami menargetkan pada tahun 2024 ekspor furnitur dan kerajinan dapat tembus pada angka 5 milliar dollar, oleh karena itu pameran semacam ini sangat dibutuhkan sabagai ruang para industri furnitur dapat mempromosikan produk-produknya,” ungkap Gati  saat diwawancara.

Pameran Jiffina ke-4 yang mengangkat tema The Innovation Lifestlye for Suistanable Forest ini berlangsung selama tiga hari sejak pertama dibuka 13 Maret hingga 16 Maret 2019.

Ketua Komite Jiffina 2019 Endro Wardoyo menuturkan bahwa pada gelaran tahun ini peserta pameran bertambah dengan harapan pengunjung atau buyerspun akan cukup meningkat.

“Perkiraan buyers terbanyak akan tetap didominasi dari luar negeri namun tidak menutup kemungkinan para buyers dalam negeripun turut meramaikan jumlah nilai transaksi,” ungkapnya.

Panitia melalui Ketua Komitenya berharap Pameran Jiffina 2019 ini dapat meningkatkan potensi Indonesia sebagai market leader ekspor furnitur dan kerajinan di masa depan.

"Saya berharap, Jiffina 2019 mampu meningkatkan komoditas ekspor Indonesia di sektor mebel dan kerajinan ke kancah Internasional," harap Endro Wardoyo.

Pada Jiffina tahun ini Kementerian Perindustrian memfasilitasi booth seluas 430 m untuk empat koperasi dengan total 18 IKM binaan Kementerian diantaranya Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Solo Raya (KIMKAS), Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Jepara (KIDJAR), Masyarakat Industri Mebel dan Kerajinan Mataram Yogyakarta (MAKAREMA) dan Koperasi Industri Mebel dan  Keerajinan Semarang (KOPIMESEM).

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini