Pariwisata

Liburan Dalam Kota Jogja? Siapa Takut! Coba ke Sini

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 14 Januari 2020 12:09
Liburan Dalam Kota Jogja? Siapa Takut! Coba ke Sini
Gerbang Ketandan, area Pecianan di Jalan Malioboro-Gudegnet/Rahman.

Gudeg.net—Ingin liburan tapi dana atau waktu terbatas? Atau mungkin dua-duanya terbatas? Tidak masalah. Liburan tidak harus ke luar negeri atau luar kota. Apalagi Jogja punya segudang pesona untuk dijelajahi.

Di seputaran kota Jogja, kita dapat seru-seruan ke tempat-tempat ini.

#Malioboro
Siapa tidak kenal dengan jalan ikonik ini? Wisatawan yang ke Jogja hampir pasti menyempatkan waktu untuk mengunjungi jalan ini. Apalagi semenjak di revitalisasi menjadi lebih nyaman dan cantik.

Entah sekadar berfoto atau berburu oleh-oleh, Malioboro tidak pernah sepi pengunjung. Di sini kita bisa berswafoto di bawah nama jalan atau jam Malioboro.

Spot paling populer tentunya di Titik Nol, walaupun sebenarnya sudah bukan Jalan Malioboro.

#Suroto
Alternatif jika Jalan Malioboro sudah terlalu penuh, Jalan Suroto. Pembatas jalan di sini adalah taman yang cantik dan rindang. Tentunya jadi spot foto yang populer.

Direvitalisasi sesudah Malioboro, karakteristiknya sama. Lantai teraso putih, dengan tanaman dan ornamen jalan yang ‘Jogja banget’.

Kalau sudah lelah berfoto di sini, sekitaran jalan ini ada banyak sekali alternatif coffee shop dan resto yang enak dan tidak kalah cantik untuk berfoto. Ada Silol, Kalluna, Jnawi, Jeeva, Graha Eklin, Waroeng Boelondo, Roemi, dan masih banyak lainnya.

#Museum Sandi
Museum ini dibuka untuk umum pada tahun 2008 di lantai dasar Museum Perjuangan, Jogja. Setelah beberapa pertimbangan, museum sandi dipindahkan ke bangunan sendiri di Jalan Faridan M Noto dan dibuka untuk umum pada tahun 2014.

Di sini kita bisa mempelajari cara membuat sandi secara sederhana. Kita juga bisa belajar tentang sejarah pendirian institusi pengamanan berita rahasia pada awal kemerdekaan Indonesia oleh Bapak Persandian Indonesia, dr. Roebiono Kertopati.

Museum ini satu-satunya museum Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Indonesia.

#Kraton Yogya
Sama seperti Malioboro, kraton merupakan tujuan wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Dilengkapi dengan guide dan berbagai museum dan sejarah yang dapat kita nikmati dan pelajari, tempat ini layak dikunjungi berkali-kali.

Berhati-hati lah saat mengunjungi museum di dalam kraton. Ikuti peraturan dan imbauan. Kita harus ingat bahwa kraton juga  merupakan rumah tinggal orang. Kita juga tidak mau, kan, jika orang lain berlaku tidak sopan di rumah kita.

Masih ingat prilaku wisatawan dari Bandung beberapa saat lalu? Ia merusak koleksi antik kraton dengan dalih konten dan kepuasan swafoto. Jangan seperti itu, ya.

#Galeri Seni
Jogja bertabur galeri seni. Ada banyak pilihan yang bisa kita datangi di area kota. Bagi penikmat seni, galeri adalah tujuan wajib.

Walaupun awam dengan dunia seni, tidak ada salahnya menonton pameran seni rupa. Kita dapat mengedukasi diri dan memperluas wawasan.

Galeri yang bisa kita datangi misalnya Jogja Gallery yang terletak di Jalan Pekapalan, kompleks kraton. Kita bisa jalan kaki dari kraton ke galeri ini.

Langgeng Art Foundation (LAF) di Jalan Suryodiningratan No.37 juga bisa kita datangi untuk memperkaya wawasan seni.

#Museum Sonobudoyo
Kita bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan Jawa di museum berarsitektur Jawa ini. Dilansir dari Wikipedia, museum ini menyimpan koleksi mengenai budaya dan sejarah Jawa yang dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta.

Selain keramik pada zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, berbagai senjata kuno (termasuk keris dan topeng Jawa).

Pada malam hari, ada pertunjukan fragmen wayang kulit. Jadwal dapat di simak di gudeg.net juga. Museum terbagi atas dua unit; Unit I di Jalan Pangurakan No.6, Unit II di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum buka dari pukul 08.00-15.30 WIB setiap hari, kecuali Jumat (hingga pukul 14.00 WIB). Museum buka kembali pukul 20.00-22.00 WIB untuk pertunjukan wayang kulit.

#Bioskop Sonobudoyo
Seperti namanya, bioskop ini milik Sonobudoyo. Jadwal berubah setiap bulannya, jadi dapat disimak di akun media sosial sonobudoyo.

Di sini kita dapat menyaksikan pembukaan museum ini pada 6 November 1935 yang dihadiri oleh banyak tokoh penting saat itu.

#Taman Budaya Yogyakarta
Kita dapat menyimak berbagai acara yang dijadwalkan untuk terjadi di gedung cagar ini. Ada concert hall dan gedung Societet Militair yang biasa diisi oleh berbagai macam acara seni dan budaya.

Di bagian bawah gedung sering dipakai untuk pameran seni, jadi kita tinggal jadwalkan kapan akan bertandang.

Masih banyak tujuan wisata dalam kota lain yang bisa kita datangi. Di area kabupaten (Gunuhngkidul, Bantul, Sleman, Kulonprogo) pun banyak tujuan wisata yang bisa kita datangi. Tunggu bagian keduanya, ya! Selamat berwisata.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini