Tips Hari Ini

Cara Merawat Kuku di Rumah Agar Tetap Kuat dan Cantik

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 14 April 2020 21:17
Cara Merawat Kuku di Rumah Agar Tetap Kuat dan Cantik
Ilustrasi kuku sehat-Gudegnet

Gudeg.net—Walaupun kecil, kuku bisa memberikan banyak cerita tentang kepribadian kita. Tak peduli semodis apapun gaya kita, jika kuku terlihat rusak atau kotor, kesan yang sampai pada orang lain akan minus.

Kuku yang kotor akan mengirim pesan bahwa kita merupakan orang yang jorok. Sedangkan kuku rusak akan memberi kesan bahwa kita tidak memedulikan diri kita dengan pola makan dan hidup yang tidak sehat.

Simak cara menjaga kuku tetap sehat dan kuat pilihan Gudegnet di bawah ini.

#Gunakan moisturizer/losion
Saat menggunakan body lotion atau hand cream, pastikan untuk melumurinya juga di bagian jari dan kuku. Terutama di bagian kutikula, berikan pijatan lembut.

#Jangan potong kutikula
Kutikula di sekeliling kuku berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam kuku. Jangan menggunting atau mengikis kutikula. Belum lagi risiko memotongnya terlalu dalam akan menyebabkan pendarahan.

Jika kutikula mengeras dan mengganggu, rawatlah kutikula dengan losion atau minyak atau cairan khusus kutikula seperti Azarine Hand, Nail, and Cuticle Cream, Orly Cuticle Oil, atau OPI Cuticle Revitalizer Oil Pen.

#Biarkan kuku bernapas
Jika sering menggunakan nail polish, sekarang saatnya untuk mengisitirahatkan kuku. Memang membuat nyaman dan mudah karena jika kuku kotor tidak nampak oleh orang lain. Tetapi kuku yang terus-terusan tertutup kutek akan menguning dan rapuh.

Jika lebih suka menggunakan gel polish atau kuku akrilik, gunakan dengan bijak. Beri jarak yang cukup antar pemakaian.

#Minyak kuku alami
Kita dapat membuat minyak kuku sendiri. Campurkan minyak jarak (2 sdt), minyak bibit gandum (1 sdt), dan garam (2sdt). Gosokkan di kuku dan sekitarnya, lalu diamkan selama 3-5 menit, selanjutnya tinggal dilap saja.

Minyak jarak (castor oil) dan minyak bibit gandum (wheat germ oil) bisa didapatkan dari toko daring dengan harga terjangkau. Dengan komposisi seperti di atas, bisa dipakai untuk 20-30 kali pemakaian.

#Bisa juga jadikan minyak menjadi rendaman kuku
Gunakan minyak kelapa (bisa juga virgin coconut oil), minyak zaitun, minyak argan, atau minyak vitamin E untuk merendam kuku selama 10 menit sebelum tidur.

Bersihkan minyak berlebih setelah merendam kuku dengan tisu, lalu gunakan sarung tangan saat tidur.

#Menguatkan kuku dengan bahan alami
Jika kuku lemah dan rapuh, bisa menggunakan bahan alami berikut. Caranya mudah, cukup mengoles atau menancapkan kuku saja.

Bahan yang dapat dipakai;
- belimbing wuluh (gosokkan bagian daging buah ke kuku lalu bilas),
- cuka putih (siapkan semangkuk air hangat, beri 10-20 tetes cuka, lalu rendam kuku kurang lebih 10 menit. Ulangi setiap 2-3 hari sekali untuk hasil maksimal)
- lidah buaya (oleskan bagian daging lidah buaya ke kuku, lalu diamkan 15-30 menit. Bilas dengan air hangat. Bisa juga menggunakan gel lidah buaya yang sedang hits)
- jeruk nipis atau lemon (sama seperti cuka, masukkan 1-20 tetes jus nipis/lemon lalu rendam selama 10 menit. Lakukan rutin, kuku kusam akan menjadi cerah)
- bawang putih (tancapkan kuku ke dalam daging bawang putih yang sudah dikupas. Namun tentunya jari akan berbau bawang dan cukup awet. Bisa juga dengan mengoleskan daging bawang putih ke kuku)

#Perhatikan asupan makanan
Seperti yang disebut di atas, kuku yang rusak dan rapuh bisa menunjukkan pola makan dan gaya hidup seseorang.

Jika asupan makanan tidak sehat dan kurang nutrisi, akan langsung terlihat pada kuku. Cobalah asupan kaya protein (ikan, tahu, tempe, daging), biotin (telur, jamur, ubi, bayam), vitamin E (minyak sayur, almond, kacang tanah, brokoli, bayam, biji bunga matahari), dan minyak ikan.

Minumlah air putih lebih banyak dan sering, istirahat teratur, dan minimalisir stres.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini