Seni & Budaya

Pameran ‘Ladang Jiwa’, Pengalaman Hidup dalam Garis

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 06 Januari 2021 13:00
Pameran ‘Ladang Jiwa’, Pengalaman Hidup dalam Garis
Pameran Ladang Jiwa, Pendhopo Art Space - Gudegnet/ Wirawan K

Gudeg.net - Seniman Laksmi Shitaresmi menggelar pameran bertajuk “Ladang Jiwa” di Pendhapa Art Space, Bantul. Pameran ini berlangsung 29 Desember 2020 hingga 12 Januari 2021.

“Keseluruhan 20 karya,” kata Lenny, dari Pendhopo Art Space, Rabu (6/1). 

Kurator, A. Anzieb, dalam tulisan yang ditempel di dinding pameran mengatakan, lewat pameran ini Laksmi ingin membahasakan sepotong pengalaman hidupnya lewat garis. 

Tubuh-tubuh dalam karya yang dipamerkan, menurut Anzieb, mewakili Laksmi sebagai perempuan, ibu, sekaligus kepala keluarga, Karena itu, dalam setiap lembar gambarnya selalu hadir idiom kepala dengan wajah dirinya dengan berbagai pose, sorotan mata yang berbeda-beda dan seterusnya. 

Dalam karya yang dipamerkan, ada unsur-unsur seperti sulur-sulur, daun, mata tombak, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, ada tangan yang digambarkan bercabang membentuk sulur, daun yang menyerupai kepala, dan yang lainnya. 

Dalam konteks ini, lanjut Anzieb, Laksmi bisa tanpa beban menggambarkan dirinya, hidupnya, bebannya, angan-angan, mimpinya, cita-cita, dan pada saat yang sama sebagian besar tubuh yang merupakan sosoknya sendiri tersebut hadir tanpa gravitasi. 

Ia melayang menuju ruang yang “entah” seakan mau mengatakan jiwanya tidak ingin terkurung sepeti jiwa-jiwa yang pasrah dalam sangkar.

Anzieb menambahkan, hidup manusia adalah perjalanan yang dilakukan secara bertahap, bersama kesulitan-kesulitan bercampur dengan penderitaan sekaligus kesenangan dalam pengembaraan di jalan yang panjang menuju ladang jiwa. 

“Saya kira kesadaran inilah yang sesungguhnya sedang Laksmi alami, ingin ia raih, ingin ia tuju, untuk mendapatkan spirit (daya hidup) yang holistik,” katanya.

Pamaran dapat dikunjungi secara langsung, dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini