Seni & Budaya

Pameran ‘Selo’ Pamerkan Patung dan Lukisan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 15 Januari 2021 14:00
Pameran ‘Selo’ Pamerkan Patung dan Lukisan

IG @mirace.prints

Gudeg.net - Perupa Agung Tato menggelar pameran bertajuk “Selo” pada 9-22 Januari 2021. Bertempat di Miracle Print, Jalan Suryodiningratan, Mantijeron, Yogyakarta, pameran ini memajang karya-karya patung dan juga lukisan berbahan silicon rubber.

“Saya lihat silikon ini ketika kita sudah mencetak patung, atau apapun, dia menjadi sesuatu yang sia-sia, lalu saya gunakan. Kenapa saya nggak bikin sebagai bahan utama, sebagai luksian, atau patung,” terangnya saat pembukaan, Jumat (8/1). Silikon sendiri digunakan untuk mencetak atau mereplika.  

Agung antara lain memajang figur-figur superhero. Hal ini bermula dari rutinitas Agung berkunjung ke pasar Loak di Surabaya.  Dari pasar loak tersebut ia mendapatkan action figure “Hulk” dengan kondisi tidak lengkap, tanpa tangan.

“Dari mainan ini saya mendapat gagasan untuk menggubahnya, karena dia tak punya tangan, saya menggubahnya dengan memberinya tangan, bukan hanya dua tapi enam. Seperti dalam arca Ganesha,” ucap Agung, mengutip dari laman terasprintstudio.weebly.com.

Setelah itu, Agung mulai mencari figure-figure yang sesuai dengan idenya, dan bereksperimen membuat gubahan-gubahan. Agung mengatakan, karena action figure berkarakter melebih-lebihkan, atau menyangatkan dan bersifat karikatur, ia menguatkan pada karakter tersebut.

“Misal dengan menambahkan jumlah tangannya, menonjolkan tekstur tubuhnya, membesarkan ukuran tangan atau kakinya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kata Selo mengandung beberapa arti, tergantung cara pengucapannya. Selo bisa berarti waktu luang, batu, bisa juga nama tempat.

Kata tersebut, lanjut Agung, muncul sekitar bulan September 2020, saat ia sedang mencari sebuah nama untuk menyatukan beberapa karya yang bisa saling terkait. Saat itu ia tengah menarasikan karya sesertasi dengan subjek utama batu.

“Asumsi saya, kata selo adalah kata yang pas jika disematkan dalam pameran tunggal kali ini. Tema saya lebih menarasikannya pada waktu luang dan batu,” terangnya.     

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini