Pariwisata

Embung Bogor, Destinasi Swafoto dan 'Main Air'

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 02 Februari 2021 10:00
Embung Bogor, Destinasi Swafoto dan 'Main Air'
Foto: Instagram @embung_bogor

Gudeg.net - Pariwisata Kulonprogo tetap bergeliat di masa pandemi. Salah satu obyek wisata yang tengah naik daun saat ini adalah Embung Bogor, yang berlokasi di antara Padukuhan Girinyono dan Blubuk, Kelurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulonprogo. 

Embung yang terletak 32 Km sebelah barat Kota Yogyakarta ini banyak dikunjungi pesepeda untuk berswafoto dan bermain air. Pengunjung juga bisa berkemah di kawasan sekitar embung. Dukuh Girinyono, Heru Prasetyo mengatakan, embung ini ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan. 

Heru mengimbau wisatawan selalu berhati-hari karena jalan yang terkadang licin. Sementara untuk wisatawan yang inign berfoto di bawah air terjun dapat dibantu relawan. 

Ia menambahkan, saat ini pengelola belum mematok tarif untuk tiket masuk. Pihaknya masih berkoordinasi terkait pengelolaan embung ini, mengingat lokasinya yang berada di antara dua pedukuhan yaitu Girinyono dan Blubuk. 

"Harapannya jika obyek wisata ini nantinya berkembang bisa menyejahterakan warga dari dua pedukuhan tersebut," kata Heru seperti dikutip laman resmi Dinas Pariwisata Kulonprogo, dinpar.kulonprogo.go.id, Rabu (27/1).

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah masyarakat yang telah merespon sebuah potensi alam dan mencoba mengembangkannya menjadi daya tarik baru. 

Embung Bogor, kata Joko, dapat menjadi aset untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sinergitas antara satu pihak dan pihak lain.

Joko menyampaikan dukungan pada pengembangan wisata ini. Tak menutup kemungkinan, wisata alam ini dikolaborasikan dengan budaya. 

"Apa lagi di sini terdapat makam Sunan Geseng Rembug yang bisa dikategorikan sebagai wisata religi yang memperkaya corak wisata di Kalurahan Sendangsari. Untuk itu generasi muda, masyarakat dan pemerintah Kalurahan Sendangsari harus bersinergi agar wisata ini maju," ucapnya. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini