Berita

Sultan Ajak Masyarakat Sebarkan Virus Optimisme

Oleh : Rahman / Rabu, 21 Juli 2021 18:01
Sultan Ajak Masyarakat Sebarkan Virus Optimisme
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, (23/3/2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengajak masyarakat untuk bersama-sama memiliki kejernihan berpikir dan optimisme di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sedang terjadi saat ini.

“Kita harus memiliki kejernihan pikiran, semangat kejuangan dan memelihara serta menyebarluaskan virus optimisme akan hari esok yang lebih baik di tengah luapan pesimisme dan berita hoaks tentang pandemi,” tutur Sri Sultan dalam program Sapa Aruh di Bangsal Kepatihan, Rabu (21/7).

Sapa Aruh kali ini adalah respon dari diberlakukannya perpanjangan PPKM Darurat level tiga dan empat di DIY hingga tanggal 25 Juli 2021.

'Yogya Satu Bangkit Bersama' merupakan tema yang diangkat oleh raja Keraton Yogyakarta itu dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Jogja.

Sultan menjelaskan, PPKM Darurat sebenarnya tidak berbeda dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada saat DIY dilanda pandemi tahun lalu, yang membedakan hanya faktor psikologis masyarakat.

“Kejenuhan atau Fatigue-lah yang saat ini dan sebagai mana terjadi di sebagian besar rakyat kecil. Karena bagi masyarakat situasi ini sudah melewati batas ketahanan,’ jelasnya.

Sultan menilai, setiap permasalahan dan situasi yang dihadapi hendaknya menjadikan manusia banyak bertawakal dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

“Di hari-hari yang penuh cobaan-Nya ini, hendaklah menjadikan kita manusia yang tercerahkan secara akal, budi, dan spiritual. Akal menjadi jernih, emosi lebih terkendali, dan ruang spiritual menjadi lebih cerdas bijak dalam mempertimbangkan setiap kata dan perbuatan,” ungkap Ngarsa Dalem.

Di bagian terakhir Sapa Aruhnya, Sultan berharap, masyarakat dapat bersatu-padu dan mengintrospeksi diri untuk meminimalisasi dampak pandemi agar tak berkepanjangan.

"Bukan saatnya lagi saling menyalahkan yang akan menjauhkan kemurnian. Peradaban besar tak pernah dibangun oleh kerumunan orang yang saling menyalahkan dan bertempur antarsesamanya,” harap Sultan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini