Kuliner

Tanggung Jawab Moral Bangkitkan Kuliner Jogja

Oleh : Margareta Endah W / Senin, 00 0000 00:00

Festival-festival kuliner di Yogyakarta kerap diadakan oleh beberapa event organizer. Setiap festival kuliner yang diadakan memang tak ada perbedaan yang mencolok. Semua menghadirkan makanan-makanan baik tradisional maupun moderen. Yang membedakannya mungkin hanya pemilihan waktu saja.

Seperti pada festival kuliner kali ini, pemilihan waktunya sengaja dipilih pada bulan Desember dikarenakan banyaknya hari libur yang jatuh pada bulan ini. Bulan penutup tahun ini pun banyak dipilih oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang akan berlibur ke Yogyakarta. Tak dapat dielakkan lagi, kuliner-kuliner Jogja masih menjadi daya tarik bagi wisatawan-wisatawan ini.

Kehadiran makanan tradisional yang meningkat sebanyak lima belas persen dibanding festival kuliner kemarin, membawa sedikit keberhasilan bagi penyelenggaraan kegiatan kuliner ini. Setidaknya selangkah keberhasilan itu sudah ditempuh oleh penyelenggara.

Pihak penyelenggara melihat potensi kuliner yang ada di Yogyakarta baik tradisional ataupun mancanegara berkembang pesat tapi juga harus dipromosikan sebagai ajang pariwisata kuliner juga. Untuk menjaga dan membangun industri kuliner di Yogyakarta, maka dikumpulkanlah semua pengusaha makanan yang ada di Jogja dalam pesta kuliner "Spektakuliner Jogja 2008".

"Pekerjaan rumah kita masih banyak dalam hal ini. Niat kita untuk memajukan Unit kecil Menengah (UKM) di bidang kuliner perlahan-lahan mulai bisa berjalan. Makanan tradisional dari Jogja sudah banyak yang tampil pada pameran ini," ungkap Hutami Santosa, director CITA Event Organizer , penyelenggara festival kuliner ini.

Sate klathak, jadah tempe Kaliurang, baceman, soto Kudus, angkringan, martabak kubang, sate ayam rasa kambing, sate ikan hiu, dan wedang rondhe adalah beberapa makanan tradisional Jogja yang turut meramaikan pameran ini. Pendopo Agung Ambarrukmo dipilih sebagai tempat diselenggarakannya pameran ini karena Pendopo Agung sendiri adalah tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Kendala-kendala yang dihadapi pun tak sedikit pula. Bujuk membujuk yang dilakukan pihak panitia kepada para pengusaha makanan ini pun tak gampang. Segala daya upaya yang diusahakan bersama tujuannya juga untuk kepentingan bersama pula. "Tanggung jawab moral kita untuk membangkitkan kuliner Jogja harus dapat terwujud," jelas Hutami.
               
Untuk Anda pecinta kuliner Jogja, bisa segera datang ke festival kuliner yang diadakan di Pendopo Agung Ambarrukmo pada tanggal 5-7 Desember 2008 dan dilanjutkan tanggal 26-28 Desember di Taman Benteng Vredeburg Yogyakarta. Tak perlu khawatir, selain makanan-makanan, Book Monster dan Tumbletots akan menemani putra putri Anda dengan berbagai buku dan permainan di area anak-anak.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini