Kesehatan

Pemkot Subsidi Biaya Pengolahan Darah

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Pemkot Subsidi Biaya Pengolahan Darah

Sejak Agustus 2008, Departemen Kesehatan RI tak lagi memberikan subsidi untuk biaya pengolahan pemakaian darah bagi Palang Merah Indonesia (PMI). Pencabutan tersebut dinilai cukup memberatkan PMI Kota Yogyakarta dan warga yang membutuhkan darah. Pasalnya, saat ini biaya pengolahan darah (service cost) mencapai Rp 180 ribu per kantong.

Untuk tetap memberikan layanan darah sebagaimana mestinya, Pemerintah Kota Yogyakarta akan memberikan subsidi melalui Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang akan diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Pemkot Yogyakarta akan menanggung biaya pengolahan darah ini bagi warga kota Yogyakarta yang memiliki identitas berupa Jamkesmas, Jamkesda dan KMS. Jamkesmas sudah menanggung sebesar 120 ribu, kekurangannya bisa diklaim ke Jamkesda," kata Kepala UPT PJKD (Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah), Kusminatun beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu bagi warga yang tidak memiliki identitas tersebut, Kusminatun mengatakan akan diberlakukan sesuai tarif di PMI, atau dapat menggunakan kartu asuransi kesehatan lainnya yang sesuai.

Ketua PMI Kota Yogyakarta, Prof. Adi Heru Husodo menyambut baik adanya subsidi dari Pemkot Yogyakarta ini. Pihaknya berharap kebijakan ini semakin meringankan masyarakat yang membutuhkan darah di PMI Kota Yogyakarta.

Menurutnya, PMI mempunyai kewajiban untuk menggalang donor dan mengolah darah sesuai kaidah-kaidah untuk kemudian menyampaikannya ke rumah sakit atau pasien yang membutuhkan. Namun angka kebutuhan darah saat ini diatas kemampuan PMI Kota Yogyakarta untuk memenuhinya.

Saat ini, setidaknya setiap bulan dibutuhkan darah sebanyak 4500 kantong, sedangkan PMI baru mampu mencukupi sebanyak 2000 kantong. "Kami masih kekurangan 2500 kantong perbulan," ujarnya.

Untuk itu, PMI Kota Yogyakarta juga menghimbau kepada masyarakat luas untuk mau berkontribusi dengan melakukan aksi kemanusiaan donor darah demi mencukupi kebutuhan dan membantu sesama.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini