Pendidikan

Mutasi Kepala Sekolah adalah Hal Biasa

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00

Rencana mutasi atau pergantian atau rotasi pejabat kepala sekolah pada tahun ini tak seharusnya ditanggapi secara berlebihan oleh kepala sekolah-kepala sekolah di lingkungan Dinas Kota Yogyakarta.  

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Syamsuri, pergantian jabatan kepala sekolah disebabkan oleh sejumlah faktor yaitu kinerja kepala sekolah yang kurang optimal, faktor usia, dan adalah hal yang wajar dan biasa.

"Pergantian atau rotasi kepala sekolah bisa disebabkan kinerja kepala sekolah yang kurang bagus dan faktor usia (pensiun -red), dan hal yang wajar saja kalau kepala sekolah diganti," kata Syamsuri di Balaikota Yogyakarta, Rabu (04/03).

Syamsuri mengatakan, pergantian ini agar terjadi profesionalisme dan rasa keadilan serta menjamin kualitas dan obyektifitas pergantian yang berlangsung. Dalam pergantian ini, Syamsuri meyakinkan tidak ada unsur kesengajaan dan kolusi.  

Pergantian kepala sekolah di Kota Yogyakarta sedianya akan dilaksanakan maksimal setelah tahun ajaran baru pada tahun ini untuk kepala sekolah SMP dan SMA. Sementara untuk kepala  sekolah SD akan dimulai sebelum tahun ajaran baru.  

Ditanya mengenai jumlah kepala sekolah yang akan diganti, Syamsuri enggan memberikan jawaban dengan alasan menghindari situasi yang tidak diharapkan yang mungkin terjadi kepada kepala sekolah yang saat ini masih menjabat.   

Sementara itu, saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta telah memepersiapkan mekanisme pergantian dan pengangkatan kepala sekolah di lingkungan Dinas Kota Yogyakarta.

Seluruh calon kepala sekolah baik SD, SMP, dan SMA/SMK, sebelumnya harus memenuhi sejumlah persyaratan yang terdiri dari persyaratan umum dan khusus. Selanjutnya, calon kepala sekolah harus mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

"Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah usia maksimal 56 tahun, telah mengajar lebih dari lima tahun di sekolah yang bersangkutan, memiliki ijazah S1/D4 pendidikan dari universitas yang terakreditasi," kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta, Sri Sulistyorini.

Sri mengatakan, tiga calon kepala sekolah yang diusulkan akan diajukan kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk selanjutnya diajukan ke Tim Pertimbangan Pengangkatan Kepala Sekolah dengan melalui tahapan seleksi. Setelah lolos seleksi, Baperjakat akan mengusulkan satu calon untuk ditetapkan sebagai kepala sekolah.  

Saat ini di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta terdapat 207 kepala sekolah TK (202 negeri dan 2 swasta), 190 kepala sekolah SD (79 negeri dan 111 swasta), 58 kepala sekolah SMP (16 negeri dan 42 swasta), 48 kepala sekolah SMA (37 negeri dan 48 swasta), dan 27 kepala sekolah SMK (7 negeri dan 20 swasta).

Rencana pergantian kepala sekolah ini menindaklanjuti himbauan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto agar Dinas Pendidikan melakukan pergantian kepala sekolah maksimal empat tahun sekali untuk meningkatkan profesionalisme kepala sekolah serta agar terjadi penyegaran di lembaga pendidikan tersebut.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini