Layanan Umum

Samsat Sistem Online Akan Diluncurkan

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Untuk mempermudah wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah DIY, Pemprop dan Polda DIY akan meluncurkan layanan Samsat Sistem Online bagi mereka yang hendak memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Nantinya, layanan yanakan diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X besok (30/3) memungkinkan wajib pajak untuk tidak lagi melakukan perpanjangan STNK di kabupaten atau kota tempat tinggalnya.

"Dengan Samsat Sistenm Online, orang Bantul bisa melakukan perpanjangan STNK tahunan di Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman atau di Jogja. Begitu juga yang lain orang Kulon Progo bisa perpanjangan di Bantul, Sleman, Jogja atau Gunung Kidul. Begitu seterusnya," kata Kabag Humas Biwara Yuswantana di Kepatihan Yogyakarta, Senin (29/30.

Selain untuk mempermudah masyarakat lintas daerah di DIY, layanan ini juga sebagai upaya untuk mengimbangi mobilitas penduduk DIY dari satu kabupaten atau kota lain yang sangat tingggi.

Layanan lain yang akan diresmikan nanti adalah Bus Samsat Keliling yang akan melayani perpanjangan STNK tahunan di sejumlah tempat strategis dan mudah di jangkau oleh masyarakat.

"Pemprop baru bisa menyediakan satu unit Bus Samsat Keliling. Sehingga layanan akan dijadwal untuk masing-masing kabupaten dan kota dengan cara berkeliling secara bergantian," tandasnya.

Bagi PNS di lingkungan Kepatihan, besok bisa mendapatkan layanan perpanjangan STNK, SIM dan layanan kesehatan. Perpanjangan SIM bisa diperoleh dari Bus SIM Keliling sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memeriahkan peresmian sejumlah layanan kesamsatan yang baru.

"Bus SIM Keliling bisa melayani perpanjangan SIM A dan C, dengan ketentuan persyaratan lengkap. Selain itu akan ada pula layanan kesehatan gratis oleh Jasa Raharja," pungkasnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar