Pendidikan

Sri Sultan : Diorama Merupakan Sumber Inspirasi Luhur

Oleh : Budi W / Rabu, 04 April 2012 12:23


Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat mendengarkan penjelasan dari pemandu

Berkunjung ke Museum Benteng Vredeburg, Anda akan mendapati suasana berbeda. Pasalnya pada hari ini Kementrian Pendidikan & Kebudayaan melaksanakan pembukaan dan peresmian ruang pameran diorama 1 & diorama 2, cafe museum serta pameran tahunan Jogja Industory yang berlangsung dari 4 - 10 April 2012.

Selain peresmian kedua diorama tersebut, menurut Kepala Museum Benteng Vredeburd Yogyakarta, Dra. Sri Ediningsih, M.Hum, pihaknya juga melakukan revitalisasi kedua ruang tersebut lengkap dengan revitalisasi ruang pengenalan, ruang VIP serta ruang rapat.

Dalam pidato saat peresmian diorama pada siang ini (04/04) di Benteng Vredeburg Yogyakarta , Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X mengungkapkan bahwa Diorama pada museum merupakan sebuah media pemetaan imajinatif. "Diorama merupakan sumber inspirasi luhur," jelasnya.



Dalam perkembangannya, pengetahuan untuk memahami sejarah khususnya pada generasi muda kini mengalami beberapa kendala. "Tenaga pengajar yang miskin pemahaman sejarah dan peserta didik yang tidak apresiatif," lanjut Sultan.

Sementara itu dilokasi yang sama, Kepala Museum Benteng Vredeburd Yogyakarta, Dra. Sri Ediningsih, M.Hum, mengatakan bahwa revitalisasi museum ini merupakan upaya unutk mewujudkan kesadaran akan makna museum.

"Museum juga berfungsi untuk mencerdaskan bangsa, memperteguh kepribadian bangsa, memperkokoh ketahanan nasional dan wawasan nusantara," jelasnya. Pihaknya berharap bahwa dengan adanya revitalisasi museum ini akan semakin menguatkan kecintaan masyarakat terhadap museum dan semakin tertarik unutk berkunjung ke museum.

0 Komentar

    Kirim Komentar