Tips Hari Ini

Cara Melejitkan Bisnis Rumahan via Twitter

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Twitter menjadi titik terang untuk promosi yang murah meriah sekaligus efektif. Sayangnya, usaha ini tak bisa langsung sukses. Butuh waktu dan kesabaran saat berproses di dalamnya. Ada beberapa hal yang boleh dan tidak Anda lakukan selama berpromosi lewat twitter. Apa saja itu? Simak terus tulisan berikut ini!

Yang sebaiknya dilakukan
Sabar
Berpromosi di Twitter ibarat menanam biji pohon. Anda perlu sabar ketika memupuk dan menyiraminya. Banyak pengusaha yang gagal karena kurang sabar dan segera ingin menuai hasil.

Jujur
Katakan kepada pengguna Twitter yang lain tentang bisnis Anda apa adanya. Jangan menutupi apalagi melebih-lebihkan bisnis Anda. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan dan efek ketagihan pengguna lain untuk terus melihat informasi dari akun twitter Anda.

Jelas dan tegas
Katakan dengan jelas mengenai informasi yang Anda tawarkan kepada pengguna twitter yang lain. Sebisa mungkin, hindarilah membuat informasi yang membingungkan. Semisal, ketika ada potongan harga selama bulan Oktober. Sebaiknya, cantumkan saja besarnya potongan harga dan ketentuan yang berlaku. Jangan dicampur dengan profil usaha atau jenis barang yang dijual.

Berikan lebih dari yang diharapkan
Apa yang Anda terima sama dengan apa yang diberikan. Jadi, ketika menggunakan twitter berilah informasi yang berguna kepada pengguna lain. Jangan terus-menerus menginformasikan tentang bisnis Anda. Gunakan juga media ini untuk memberi pencerahan kepada konsumen. Semisal, Anda menjual mesin kopi. Anda juga bisa memberikan informasi tentang cara memilih mesin kopi dan melakukan perawatan berkala.

Saring, pilih, rawat
Anda tak harus mengikuti kembali (follow back) followers di Twitter. Saringlah dengan selektif akun-akun yang berpotensi membesarkan bisnis Anda. Semisal akun distributor, penyalur, tenaga ahli bahkan konsumen yang sudah lama berbisnis dengan Anda. Ini karena Anda harus fokus untuk merawat mereka secara personal. Dan yang terpenting keaslian dari pemilik akun itu bisa diketahui. Terlalu banyak akun bisa jadi malah merepotkan dan membuat pekerjaan tidak efektif.

Sedekahlah!

Meskipun masih baru, namun bukan berarti Anda tak punya kemampuan bersedekah. Semisal, Anda memiliki bisnis kaos. Anda bisa membuat program kaos gratis untuk anak-anak kurang mampu. Biasanya, informasi yang bernuansa kepedulian sosial ini mudah direspon dan disebarkan. Tapi ingat, bersedekahlah sesuai kemampuan.

Yang tak boleh dilakukan
Banjir informasi
Hindarilah terus menerus memberikan informasi kepada pengguna twitter. Selain menganggu, informasi yang terlalu banyak justru membuat bisnis Anda tampak tidak profesional. Berikan informasi dalam jumlah yang cukup, namun benar-benar bermanfaat.

Menjilat
Bersikaplah sewajar mungkin ketika berinteraksi lewat Twitter. Jangan memberi pujian berlebihan atau mengatakan betapa Anda senang menjadi follower dari seseorang.

Menjawab pesan terus menerus
Jika follower Anda terus menerus bertanya tentang produk atau layanan, sebaiknya tak perlu ditanggapi. Twitter hanya sebagai media penyampai pesan singkat. Sebaiknya, Anda juga memiliki blog atau website untuk menjelaskan produk atau jasa yang dijual.

Kehilangan fokus informasi
Biarpun informasi ini memiliki pesan penting, semisal kebakaran di suatu wilayah. Jika bisnis Anda tak terkait langsung, sebaiknya informasi itu diabaikan. Tetaplah menginformasikan apa yang terkait dan penting bagi follower Anda.

Semoga informasi ini berguna bagi perkembangan bisnis Anda.

Salam

 

Tim Gudeg.net

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini