Tips Hari Ini

Tips Menajamkan Daya Ingat

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Pernahkah Anda lupa letak kunci yang baru lima menit lalu diletakkan di saku baju? Atau lupa tanggal ulang tahun perkawinan? Nah, bisa jadi Anda sedang terserang penyakit lupa. Meskipun tampak sepele, penyakit yang bersumber dari otak ini sering juga dikaitkan dengan penyakit lain yang lebih parah, semisal stroke. Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tips berikut ini:

Mengubah pola makanan
Jika selama ini sering mengkonsumsi daging, maka ini saatnya Anda beralih ke makanan yang lebih sehat untuk otak. Selain ikan yang kaya akan protein, bahan makanan berwarna merah seperti buah bit, bawang merah dan buah blueberry bisa juga membantu meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, Anda bisa mencoba mengkonsumsi bahan makanan yang kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong untuk meningkatkan performa otak. 

Menambah konsumsi air putih
Sebagian besar tubuh kita berisi cairan. Sebaiknya untuk meningkatkan kesehatan otak, Anda menambah konsumsi air putih. Paling tidak sebanyak 6 - 8 gelas per hari. 

Cukup tidur
Setiap sel di dalam tubuh butuh regenerasi, termasuk juga sel otak. Cukup tidur menjadi salah satu cara agar sel-sel itu tetap mampu menunjang fungsi tubuh agar optimal. 

Bersantai
Keadaan terlalu tegang kerap membuat otak lelah sehingga kemampuan mengingat menurun. Jika demikian, maka sebaiknya Anda segera istirahat sambil bersantai dengan bercanda, membaca buku atau mendengarkan musik.

Permainan  asah otak
Seperti halnya pisau, otak juga perlu diasah agar semakin tajam. Salah satu caranya dengan memainkan permainan yang mengajak berpikir sambil bersenang-senang, semisal teka-teki silang atau sudoku.

Berpikir alternatif
Pernahkan Anda mengalami saat-saat menjengkelkan karena tak kunjung bisa mengingat satu hal? Nah, sebaiknya Anda coba mengingat hal-hal lainnya lebih dulu. Semisal, nama buah yang dimakan saat sarapan, jenis olah raga yang dimainkan anak Anda, atau nama-nama mantan kekasih. Berpikir alternatif bisa menjadi semacam umpan untuk mengingat kembali hal penting yang sempat terlupakan.

Senam otak
Ada berbagai cara untuk melakukan senam otak. Salah satunya dengan gerakan menoleh. Lakukan gerakan itu ke kiri dan ke kanan, secara perlahan. Sembari menoleh, pijit-pijit titik-titik di sekitar dada dan perut selama  4- 8 kali pernapasan.

Semoga daya ingat Anda semakin tajam.

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini