Tips Hari Ini

Tips Jitu Redakan Amarah

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Setiap orang tentu pernah mengalami situasi yang disebut marah. Sebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari yang remeh temeh seperti suami lupa meletakkan sendok di tempatnya sampai urusan berat seperti ditipu rekan bisnis atau kekasih. Nah, agar Anda tak di cap sebagai si pemarah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Tenang
Setelah mengalami keadaan yang membuat Anda ingin marah, cobalah tarik napas dalam-dalam, lalu duduk dengan tenang. Bisa juga Anda membiasakan meditasi sambil membayangkan hal-hal indah yang diinginkan.

Tidur
Beberapa sumber mengatakan tidur merupakan istirahat terbaik. Benar juga! Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mudah naik pitam. Jika sulit tidur, Anda bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu yang lembut seperti instrumentalia, minum segelas susu atau mandi dengan air hangat.

Olah raga
Gerakan-gerakan fisik dapat membantu meredam emosi. Anda bisa mencoba untuk jalan-jalan di pagi hari atau bersepeda santai. Olah raga mampu mengurangi keinginan untuk marah karena proses pelepasan hormon endhorpin yang membuat suasana hati jadi lebih baik.

Jauhi hal-hal yang membuat marah
Semisal, jika ingin marah saat melihat foto mantan kekasih, maka sebaiknya jauhkan foto itu dari hadapan Anda. Usaha menjauhkan diri membuat Anda sadar bahwa marah merupakan tindakan yang sia-sia.

Gunakan logika
Inilah alasannya ada logika: sebagai pembatas perasaan. Semisal, Anda marah besar karena sepeda motor kesayangan rusak. Cobalah bertanya kepada diri sendiri, untuk apa Anda marah? Jika tak menemukan manfaat marah, maka tak sebaiknya marah itu diteruskan. Atau cobalah membuat dua opsi antara marah-marah atau memperbaiki sepeda motor? Manakah yang lebih berguna? Jika memperbaiki sepeda motor lebih berguna, sekali lagi bertanyalah kepada diri sendiri: untuk apa aku marah-marah?

Semoga Anda menjadi pribadi yang lebih sabar.

Salam

 
Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini