Tips Hari Ini

Tips Beli Motor Bekas

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Kondisi keuangan yang mepet kerap menjadi alasan seseorang membeli barang seken, semisal motor. Alih-alih senang karena punya motor, jika tak jeli Anda justru bisa repot karena motor yang dibeli bermasalah. Agar tak terjebak, ada baiknya Anda mengikuti beberapa cara berikut ini:

Bandingkan harga
Cobalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang harga motor yang sejenis. Bisa lewat koran, majalah atau situs-situs seperti www.berniaga.com.

Periksa nomor rangka dan mesin motor
Salah satu kelemahan membeli motor bekas ialah kita tak pernah tahu sejarah dan asal usulnya secara jelas. Bisa jadi motor yang akan Anda beli merupakan hasil tindak kejahatan. Untuk mengetahuinya, cobalah memeriksa nomor rangka dan mesin motor. Lalu, cocokkan dengan nomor yang ada di STNK atau BPKB. Jika sama, maka Anda 50 persen aman. Setelah itu, perhatikan tekstur dari nomor rangka. Apakah asli dari pabrik atau tampak seperti buatan tangan yang kasar? Waspadalah! Saat ini para penadah bisa membuat nomor motor secara mudah.

Setelah itu, kirimkan sms layanan kepada polisi. Untuk wilayah Jakarta dengan mengetikkan: Metro (spasi) nomor polisi. Kirim ke 1717. Semisal Metro B1544AJ. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur formatnya: JATIM (spasi) nomer polisi kirim ke 1717. 

Periksa kondisi fisik
Cobalah memeriksa semua bagian kendaran secara mendetail seperti spion, baut, bagian samping kiri, kanan, depan dan belakang dari motor. Pastikan tak ada bagian yang retak atau pecah.

Periksa oli motor
Mintalah penjual motor untuk membuka dan mengukur oli dalam mesin. Pastikan oli yang ada cukup, tidak berlebihan. Oli berlebihan membuat suara mesin terdengar halus. Dan seringkali ini menjadi usaha menutupi suara mesin yang sebenarnya kasar.

Periksa speedometer
Speedometer ibarat hasil pemeriksaan kesehatan pada seseorang. Lewat alat itu Anda bisa mengetahui seberapa jauh sepeda motor itu berjalan. Tentunya, semakin tinggi angkanya maka semakin jauh dan berat kerja mesin sepeda motor. Waspadalah, jika angka speedometer menunjukkan diatas 10.000 km. Hal itu karena Anda akan banyak mengganti banyak komponen yang memerlukan biaya banyak. Selain itu, pastikan juga semua mulus dan tak ada bekas pembongkaran speedometer. 

Hidupkanlah mesin motor
Mesin motor yang baik bunyinya halus dan tidak terdengar bunyi det, det, det seperti akan mati.

Periksa perpindahan gigi
Periksalah apakah perpindahan gigi terasa mudah atau sulit. Jika sulit, maka kemungkinan besar kampas kopling motor tersebut akan segera habis.

Cek rangka atau sasis motor
Pengecekan rangka berfungsi untuk memastikan kelurusan roda depan dan belakang. Cara memeriksanya cukup mudah. Anda tinggal menjalankan motor sampai kecepatan 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak. Jika motor sulit dikendalikan, maka bisa dipastikan motor tersebut bermasalah, seperti pernah terjatuh atau kejadian lain yang menyebabkan sasis tidak lurus.

Periksa kebocoran oli dan air radiator
Jalankan motor lebih lama sampai sekitar 500 meter. Lalu, perhatikan dengan seksama, apakah ada oli yang menetes di sela-selam mesin. Atau air radiator yang bocor.

Periksa kondisi kelistrikan
Anda bisa memeriksa kondisi listrik dengan menyalakan lampu depan, sein, rem belakang, klakson, serta lampu speedometer. Nyalakan juga elektrik starter. Jika semua berfungsi artinya tak ada masalah pada aki atau sekering.

Minta dibonceng
Mintalah kepada penjual untuk membonceng Anda selama beberapa saat sambil melewati belokan beberapa kali. Anda bisa memeriksa apakah motor tersebut memiliki masalah pada akselerasi atau tidak.

Semoga Anda menemukan motor yang murah, tapi tidak murahan.

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM

    Solopos 103 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini