Tips Hari Ini

Tips Andalan Percantik Tubuh Setelah Melahirkan

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Tubuh yang ramping dan ideal menjadi dambaan setiap wanita. Sayangnya, kenyataan tak selamanya seindah impian. Perubahan hormon yang terjadi saat proses kehamilan dan persalinan mengakibatkan tubuh yang semula seperti "gitar Spanyol" berubah menjadi "bas betot" berukuran jumbo. Salah satu sumber menyebutkan empat langkah sederhana untuk memperbaiki bentuk tubuh setelah melahirkan. Begini caranya:

Menyusui
Menyusui merupakan cara jitu untuk mengembalikan rahim ke ukuran semula. Rahim yang membesar setelah melahirkan akan mengecil karena tubuh melepaskan hormon oksitosin yang berperan dalam menimbulkan kontraksi pada rahim. Selain itu, menyusui membuat tubuh kehilangan berat badan lebih cepat.

Olah raga sederhana
Setelah melahirkan, berat badan ibu akan turun sekitar 12 kg. Berat itu merupakan gabungan dari bobot bayi, plasenta, darah dan cairan ketuban. Pada minggu pertama terjadi pengurangan 2 - 3 kilogram yang ikut dikeluarkan lewat keringat dan air seni.

Setelah enam minggu lebih Anda bisa mulai olah raga ringan yang tidak berbahaya seperti jalan santai dengan tujuan menurunkan berat badan. Jika ragu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan bentuk olah raga yang pas.

Lakukan senam kegel
Persalinan yang dilakukan secara normal mengakibatkan adanya peregangan atau memar pada kandung kemih dan otot-otot tertentu. Caranya dengan menegangkan atau melepaskan otot-oto di vagina seperti halnya menahan buang air kecil. Senam sederhana ini membantu mengendalikan kandung kemih juga. Jika dilakukan secara rutin, senam kegel bisa memperkuat otot-otot yang kendur sehabis persalinan.

Konsumsi air putih lebih banyak
Biasanya, setelah melahirkan, kaum wanita akan mengalami kesulitan buang air besar (BAB). Untuk mengatasinya cukup mudah: konsumsi saja air putih lebih banyak dari biasanya. Kesulitan  BAB membuat para wanita akan mengejan terlalu keras. Hal ini bisa mengakibatkan jahitan terbuka. Selain itu tumpukan kotoran di perut yang tak segera dikeluarkan berpotensi menjadi racun dan membuat tubuh lebih berat.

Selamat mencoba. Tetap semangat dan terus menjalani hidup dengan penuh rasa syukur.

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini