Tips Hari Ini

Tips Mencegah Ngemil Berlebihan

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Program penurunan berat badan bisa gagal total akibat kebiasaan ngemil berlebihan. Cobalah ikuti beberapa tips berikut ini agar berat badan tetap ideal.

Mengunyah permen karet
Biasanya seseorang memilih sekotak pop corn atau keripik kentang ketika menonton bioskop. Padahal, tanpa disadari makanan berkalori tinggi tersebut bisa menambah berat badan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih untuk mengunyah permen karet bebas gula (sugar free). 

Membagi makanan dalam beberapa porsi
Bagilah camilan ke dalam beberapa wadah yang lebih kecil. Hal ini untuk mengurangi keinginan ngemil dalam jumlah besar sekali waktu. Selain itu makanlah camilan sehat seperti potongan buah atau kacang almond. Hindari ngemil makanan manis, asin dan jajan di pinggir jalan ketika lapar menyerang. Berfokuslah pada bekal camilan yang Anda bawa.

Lakukan reposisi makanan
Ada istilah menarik "lapar mata" yang artinya seseorang mendadak lapar karena melihat makanan. Nah, untuk mengatasi ngemil akibat "lapar mata" ada baiknya Anda mengatur kembali posisi makanan di lemari es atau tempat penyimpanan makanan lainnya. Letakkan keripik, permen, kacang atau camilan lainnya di bagian belakang. Harapannya, ketika membuka lemari Anda tak ingin ngemil karena tak melihat makanan kesukaan.

Hindari meletakkan camilan di meja kerja
Alasan untuk tidak meletakkan camilan di meja kerja ialah agar Anda tidak mengasosiasikan waktu kerja = waktu ngemil.  Hal ini berbeda ketika Anda ngemil di kantin atau tempat lain. Anda tentu tidak akan berlama-lama makan karena kawatir meninggalkan pekerjaan.

Tempat makan ya di dapur
Kegiatan ngemil sebaiknya dilakukan di dapur atau tempat yang khusus dibuat untuk makan. Ngemil sambil nonton sepak bola  atau pertandingan lain TV membuat Anda lebih fokus pada acaranya, bukan makannya.

Ngemil juga perlu tujuan
Hindarilah ngemil untuk mengisi waktu luang.Cobalah ngemil dengan maksud menunda rasa lapar atau mengendalikan napsu berlebihan untuk makan besar.

Selamat mencoba. Semoga tips kali ini membuat hidup Anda lebih sehat.

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini