Tips Hari Ini

Tips Minum Antibiotik Secara Tepat

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Seringkali saat berobat ke dokter kita mendapat beberapa jenis obat, salah satunya antibiotik. Antibiotik ini berguna untuk menekan atau menghentikan mikroorganisme yang berbahaya di dalam tubuh. Meskipun demikian, Anda tak bisa mengkonsumsi antibiotik ini secara sembarangan. Bukan sembuh yang didapat melainkan mikroorganisme itu malah kebal. Berikut ini tips sederhana mengkonsumsi antibiotik agar Anda tak salah langkah. Simak terus!

1. Minumlah antibiotik sesuai dengan jumlah dan takaran yang diresepkan oleh dokter. Jangan terlalu sedikit atau malah kebanyakan.

2. Antibiotik harus dikonsumsi sampai habis. Biasanya seseorang akan berhenti minum setelah badan merasa sehat. Hal ini bertujuan agar antibiotik tetap mujarab ketika Anda sakit di kemudian hari.

3. Belilah antibiotik dengan resep dokter. Sangat tidak disarankan untuk coba-coba beli antibiotik secara bebas. Ini karena Anda tak tahu jumlah dan dosis yang harus diminum.

4. Tak semua penyakit bisa diobati dengan antibiotik. Antibiotik manjur untuk penyakit yang timbul karena bakteri semisal radang tenggorokan atau infeksi saluran kemih. Sedangkan penyakit seperti diare, batuk atau pilek bisa diobati dengan rajin mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat dan minum yang cukup.

5. Rajinlah bertanya kepada dokter. Anda tak perlu malu apalagi sungkan untuk menanyakan obat apa saja yang mengandung antibiotik dan apa kegunaannya.

6. Belilah antibiotik dengan resep terbaru. Sebaiknya Anda tidak membeli antibiotik dengan resep terdahulu. Konsultasi kepada dokter menjadi langkah terbaik mendapatkan resep terbaru untuk menyembuhkan penyakit Anda.

Semoga tips hari ini dari Gudegnet berguna bagi Anda. Tetap sehat tetap semangat.

Salam

 

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini