Tips Hari Ini

6 Cara Buat Cegukan Reda

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Cegukan merupakan masalah yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan cegukan sendiri timbul akibat kontraksi difragma yang tak disengaja lalu membuat kejang pita suara. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakan serangannya. Simak terus tips di bawah ini!

Mengatur pernapasan
Kadang kala cegukan membuat seseorang menjadi panik. Jika tak dikendalikan, kepanikan ini justru membuat cegukan lebih parah. Cara paling sederhana untuk mengurangi serangan cegukan ialah dengan mengatur pernapasan. Cobalah menarik napas dalam-dalam lalu menahannya sesaat. Lakukan beberapa kali sampai cegukan reda.

Konsumsi air putih

Ketika seseorang mengkonsumsi air putih, maka ada semacam "gangguan" di dalam diafragma yang bisa menghentikan cegukan. Cara minumnya pun bermacam-macam, bisa dengan menggunakan sedotan, minum terus menerus sambil menutup hidung atau menengadah ke atas.

Mengunyah sesuatu

Mengunyah dan memakan permen, roti atau buah sama halnya dengan konsep minum air putih untuk menghentikan cegukan. Pada prinsipnya ada upaya "menganggu" diafragma agar cegukan berhenti.

Menjulurkan lidah ke luar

Menarik atau menjulurkan lidah bisa digunakan merangsang bagian tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung untuk membuat bagian antara pita suara terbuka.

"Hayo!"

Mengagetkan seseorang bisa menjadi cara untuk menghentikan cegukan. Ini karena ketika seseorang dikagetkan ada perubahan siklus pernapasan. Sebagai catatan: belum ada penelitian yang membuktikan keterkaitan antara "mengagetkan" seseorang dengan berhentinya cegukan.

Mencubit diri sendiri
Sebenarnya tindakan mencubit diri sendiri merupakan pengalihan fokus seseorang dari serangan cegukan ke sensasi akibat rasa nyeri. Selain mencubit, ada juga yang menekan telapak tangan dengan keras atau menampar diri sendiri untuk pengalihan fokus.

Semoga tips hari ini Gudeg.net mampu membantu Anda menghentikan cegukan. Selamat mencoba!

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini