Tips Hari Ini

Tips Menghilangkan Dengkuran

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

"Itu mungkin saking nyenyaknya," begitu kata seorang teman ketika mendengar dengkuran dari kamar sebelah. Mendengkur sendiri merupakan gangguan tidur yang termasuk obstructive sleep apnea (OSA). Keadaan itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan oksigen, depresi, serta meningkatkan risiko terserang stroke dan serangan jantung. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi dengkuran yang mengganggu dan berbahaya itu:

Merubah gaya hidup
Biasanya mendengkur terjadi karena gaya hidup tak sehat seperti kebiasaan merokok dan kurang olah raga. Untuk mengatasinya Anda bisa mulai menjalani gaya hiduo sehat.

Diet sehat
Kegemukan akibat terlalu banyak makan atau gangguan medis berupa pembekakan kelenjar tiroid menjadi penyebab dengkuran. Diet sehat dibawah pengawasan dokter menjadi cara lain menghilangkan kebiasaan mendengkur.

Berhenti merokok
Terhalangnya jalan napas, pembengkakan jaringan di tenggorokan, selaput lendir di hidung serta penyumbatan di paru-paru merupakan beberapa dampak mengerikan dari kebiasaan merokok. Kondisi itu sendiri menyebabkan seseorang mendengkur. Dan untuk mengatasinya mudah saja: berhenti merokok sekarang juga.

Berhenti minum alkohol
Selain kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol ternyata bisa menyebabkan seseorang mendengkur. Itu karena besarnya relaksasi saluran napas selama tidur.

Konsultasi ke dokter
Mendengkur biasanya menunjukkan adanya persoalan medis seperti penyumbatan paru-paru, hidung atau tenggorokan. Selain itu ada kemungkinan gejala hipotiroid atau diabetes. Cobalah berkonsultasi ke dokter untuk menemukan penyebab medisnya.

Tidurlah secara teratur
Kebiasaan tidur yang tak teratur dapat mengganggu pernapasan sehingga memicu dengkuran. Mulai malam ini cobalah untuk tidur secara terjadwal agar seluruh organ pernapasan Anda lebih sehat.

Semoga tips hari ini dari Gudeg.net membuat tubuh Anda lebih sehat.

Salam

 

 

Tim Gudeg.net

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM



    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini