Tips Hari Ini

Tips Redakan Sindrom Penyakit Kantoran

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Sindrom penyakit kantoran atau sick office syndrome menjadi ancaman yang tak disadari kebanyakan pekerja. Sindrom ini ditandai ditandai dengan kulit keriput karena terus menerus terkena penyejuk ruangan, mata menegang akibat terlalu lama menatap layar komputer, kadang juga reaksi seperti gatal dan batuk yang disebabkan debu dari karpet dan perabotan. Bahkan, kinerja bisa terus menerus turun akibat racun yang keluar secara perlahan dari lukisan di dinding. Untuk mengatasinya, ikuti tips berikut ini!

Pencahayaan yang cukup
Cobalah mengatur meja kerja Anda dengan rapi dan memiliki pencahayaan yang baik. Pencahayaan itu bisa datang dari sinar matahari atau lampu pijar. Cahaya yang cukup membuat segala benda bisa terlihat dengan baik dan jelas.

Membuka jendela
Aliran udara yang lancar berpengaruh positif terhadap kesehatan Anda. Sebaiknya, Anda membuka jendela kantor untuk melancarkan sirkulasi udara agar ruangan tak lembab dan pengap.

Sudah selesai? Matikan!
Ada banyak perangkat elektonik di kantor seperti mesin fotokopi, mesin fax, komputer dan laptop yang memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan, seperti hipertensi, gelisah dan menyebabkan tubuh terasa mudah lelah. Cobalah tertib mematikan perangkat tersebut untuk kesehatan yang lebih baik.

Suasana nyaman berkat tanaman
Selain menyehatkan karena kemampuan menyerap gas dan polutan berbahaya, tanaman seperti Bamboo Palm (Chamaedorea Seifritzii), Spider Plants (Chlorophtyum Comosum) dan Golden Pothos (Epipremnum Aureum)  juga bisa membuat suasana kerja lebih nyaman. Ini karena warna hijau dan coklat yang membuat mata Anda rileks setelah seharian menatap layar monitor.

Minimalkan penggunaan penyejuk ruangan
Penggunaan penyejuk ruangan yang berlebihan bisa membuat kering, keriput dan pecah-pecah. Untuk mengurangi risiko tersebut Anda bisa menyetel penyejuk ruangan sesuai suhu normal ruang antara 20 - 25 derajat celcius. Jika tak mungkin, Anda bisa menggunakan pakaian tebal selama bekerja.

Hindarilah merokok di dalam ruangan
Merokok tidak memiliki efek positif bagi kesehatan. Selain itu, asap rokok juga dapat menempel pada peralatan kantor. Ada baiknya kipas penyedot asap (extractor fan) dinyalakan dan diservis secara berkala agar kebersihan udara tetap terjaga.

Hindari produk beracun
Cobalah memeriksa lukisan atau perabotan yang diletakkan dalam ruang kerja. Pastikan terlebih dahulu semuanya tak mengandung racun. Selain itu, mintalah tenaga kebersihan untuk mengepel dan mengelap dengan cairan bebas racun.

Rileks dengan perubahan pandangan
Untuk mengurangi ketegangan, ada baiknya Anda menyisihkan waktu beberapa detik setelah bekerja selama  20 menit untuk melihat objek selain komputer. Hal ini untuk membuat otot-otot mata lebih rileks dan mengendur.

Semoga tips hari ini dari www.gudeg.net berguna bagi Anda.

Salam

 

Tim Gudegnet

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini