Tips Hari Ini

Tips Agar Gaji Tak Cepat Habis

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Seorang sahabat mengatakan gajinya tiga koma. Bagi yang mendengarnya tentu merasa si pemilik gaji hidup dalam keadaan cukup. Sayangnya, itu hanya istilah untuk menunjukkan keadaan bahwa pada tanggal 3 hidupnya sudah koma. Alias kembang kempis karena gaji mulai habis. Pada tips hari ini Gudeg.net membagikan cara agar hidup kita tak segera koma dengan gaji yang ada. Bagaimana caranya? Simak terus tulisan di bawah ini!

Buatlah penganggaran
Pertama, tulislah secara spontan semua pengeluaran yang Anda lakukan. Lalu, lihat kembali dan periksa apakah ada pengeluaran yang belum tercatat. Jika masih belum yakin, kumpulkan nota belanja selama dua bulan terakhir. Nota itu akan menunjukkan kecenderungan dalam menghabiskan uang. Kemudian, pisahkan pengeluaran Anda ke dalam pos kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Sesudahnya, berkomitmenlah untuk membiayai pos yang paling penting terlebih dahulu.

Daftar Auto Debit
Bank dapat membantu Anda agar semakit terampil dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan layanan debit otomatis. Anda bisa membayar tagihan seperti listrik, air dan telepon dari gaji yang ditransfer ke nomer rekening. Jika demikian artinya Anda sudah mengalokasikan gaji untuk kebutuhan yang sifatnya penting dan mendesak.

Bijak Menggesek Kartu Kredit
Kartu kredit bisa menjadi berkah sekaligus musibah bagi Anda. Jika tak pandai-pandai mengatur diri, rencana anggaran yang disusun bisa berantakan karena tawaran promosi dan berbagai kemudahan lainnya. Cobalah "tega" kepada diri sendiri dengan meninggalkan kartu plastik ini di rumah. Lalu, gunakanlah hanya untuk urusan yang sangat mendesak seperti pembiayaan rumah sakit.

Pangkas Pengeluaran dengan Cerdas
Dari berbagai pengeluaran yang ada, tentu ada pos yang sifatnya pemborosan. Semisal, sebelumnya Anda menganggarkan sejumlah uang untuk makan malam di restauran. Untuk menghemat Anda bisa menggantinya dengan memasak sendiri. Biaya cuci baju di tempat laundry juga bisa dipangkas dengan cuci baju sendiri. Hasil aktivitas "memangkas" ini bisa digunakan untuk menambah pundi-pundi tabungan atau membiayai pos lain yang lebih penting.

Besarkan! Selamatkan!
Anda bisa melebihkan besarnya uang dalam pembuatan anggaran. Semisal, anggaran untuk transportasi yang semestinya Rp 1 juta bisa dilebihkan menjadi Rp. 1,5 juta. Lalu, sisa 500 ribu bisa ditabung untuk keperluan tak terduga.

Semoga tips hari ini dari gudeg.net bisa membantu Anda dalam pengelolaan gaji. Selamat mencoba!

Salam,


Tim Gudeg.net

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini