Tips Hari Ini

Tips Beri Nama Pada Bayi

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Nama menjadi hal yang sangat penting. Selain menjadi identitas dari pemiliknya, nama juga sebagai doa dan permohonan. Bagi Anda yang sedang bahagia karena akan memiliki buah hati, berhati-hatilah memberi nama. Jangan sampai "doa" yang indah, justru menjadi bahan ejekan atau olok-olok seumur hidup. Berikut tips dari Gudeg.net - Gudang Informasi Kota Yogya:

Sesuaikan dengan nama belakang
Banyak keluarga yang masih menggunakan identitas keluarga sebagai nama belakang. Semisal, Prawirodiharjo. Pastikan nama depannya pas dan mudah untuk diucapkan. Cara mengeceknya cukup gampang. Cobalah ucapkan nama lengkap si bayi berulang kali dengan suara keras. Apakah nama tersebut mudah dieja dan terdengar indah? Jika iya artinya nama itu pantas untuk si buah hati.

Penghormatan kepada leluhur
Lihatlah nama-nama kakek atau nenek di dalam pohon keluarga. Lalu, tanyakan kepada anggota keluarga yang lain tentang karakter dari para leluhur tersebut. Jika ada satu nama yang membuat Anda merasa benar-benar takjub, segera pilih. Anda bisa menggunakan namanya sebagai nama depan si buah hati. Selain sebagai penghormatan, nama leluhur juga menjadi doa agar si kecil menjadi pribadi hebat seperti kakek atau neneknya.

Baca novel tonton televisi
Ada berbagai macam tokoh, bintang olah raga atau pemain film yang memukau di televisi dan cerita dalam novel. Pilihlah satu nama yang membuat Anda merasa terinspirasi dan tergugah saat membaca kisahnya.  

Nama yang mengandung karakter
Ada berbagai nama yang mengandung karakter seperti Suci, Indah,Tegar atau Imam yang bisa digunakan untuk si buah hati.

Penggabungan
Anda bisa juga menggabungkan dua buah kata seperti "cinta" dan "kita" menjadi Cika. Cobalah kreatif untuk menemukan nama terbaik bagi si buah hati.

Pahami maknanya

Cobalah mencari arti dari kata-kata tertentu yang akan jadi nama bagi si buah hati. Kata tersebut bisa berasal dari bahasa asing atau bahasa ibu.

Buka internet
Bukalah situs seperti www.babynames.com untuk mencari nama yang pas dengan keinginan Anda.

Pilih nama yang tahan lama
Bayangkan anak Anda menjadi doktor atau pengacara di kemudian hari! Lalu, cobalah menyebutkan nama yang Anda pilih. Apakah nama tersebut masih terasa cukup up to date, kuno atau malah terdengar norak? 

Minta saran
Bertanyalah kepada keluarga atau teman dekat tentang nama yang sudah dipilih. Apakah menurut mereka nama itu pantas atau terdengar cukup baik? Lalu gunakanlah informasi yang diperoleh sebagai bahan pertimbangan untuk bagi nama si buah hati.

Buat daftar 5 terbaik
Tulislah semua nama yang diinginkan. Lalu, pilihlah 5 yang menurut Anda dan pasangan benar-benar pas di hati. Setelah itu, saring lagi menjadi 3 terbaik sampai hanya 1 nama yang terpilih.

Selamat mencoba. Semoga tips hari ini dari www.gudeg.net berguna bagi Anda.

Salam hangat

 

Tim Gudeg.net

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini