Tips Hari Ini

Tips Merubah Hobi Jadi Bisnis

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Selain bisa digunakan sebagai cara untuk bersenang-senang, hobi juga dapat dijadikan jalan untuk menghasilkan uang. Bahkan, ada beberapa orang yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan utama, seperi fotografi, menulis, olah raga dan lain-lain. Nah, lalu bagaimana caranya agar hobi ini bisa mulai mengisi pundi-pundi rupiah Anda?

Pahami permintaan
Sebagai pebisnis, Anda wajib mengerti tentang besarnya permintaan pasar terhadap hobi tertentu. Semisal permintaan terhadap jasa fotografi pre wedding. Caranya dengan bergabung bersama komunitas fotografi atau komunitas-komunitas yang lain. Lewat cara itu Anda bisa mulai memperkirakan siapa pangsa pasar yang dituju dan bagaimana cara mengolahnya.

Membuat business plan
Persoalan terbesar ketika seseorang memilik hobi dan berniat merubahnya menjadi bisnis ialah tak pernah ada perhitungan di atas kertas. Semua ide dan keuntungan yang akan diperoleh hanya dibayangkan saja. Buatlah business plan untuk memastikan besarnya keuntungan, pengeluaran dan pendapatan yang akan diterima dari hobi dan ide cemerlang yang dimiliki. Cara ini juga bisa digunakan untuk menarik investor untuk mendanai hobi Anda. 

Menjadi guru
Bukalah kelas-kelas kecil yang isinya 5 sampai 10 orang. Ajaklah mereka yang belum mengenal hobi Anda untuk belajar lebih jauh. Pada awalnya Anda bisa menggratiskan, lalu lambat laun mulai ada biaya yang dibayarkan. Percayalah, keinginan untuk berbagi dan memberi ini akan selalu berdampak positif bagi Anda.

Menjadi freelancer
Freelancer atau pekerja paruh waktu bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang memiliki pekerjaan lain yang sifatnya permanen. Semisal, Anda memiliki hobi di bidang menulis. Anda bisa menjadi penulis lepas di beberapa penerbitan dan mengerjakan order setelah pulang dari kantor.

Blogger
Selain menjadi pekerja paruh waktu, Anda juga bisa menghasilkan uang melalui blog pribadi. Anda bisa menulis cara, pengalaman atau suka dan duka selama menjalani hobi tertentu. Isi blog yang bermutu dan diisi dengan kesungguhan hati akan menarik pengunjung untuk datang dan membaca. Lewat blog ini juga Anda bisa mulai berjualan dan mendapatkan pemasukan dari iklan seperti Google Adsense. 

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda. Selamat mencoba!

Salam hangat,

 

Tim Gudeg.net

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini