Tips Hari Ini

Tips Merawat Laptop

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00

Laptop, Notebook, Netbook, adalah barang yang sering kali digunakan saat ini, mulai dari sebagai media hiburan, menyimpan data- data pekerjaan, hingga untuk menyembunyikan informasi atau data penting yang bersifat rahasia. Akan tetapi barang multifungsi tersebut tidak ubahnya dengan barang elektronik lainnya yang rentan terhadap guncangan. Oleh sebab itu merawat dengan baik adalah kewajiban bagi anda sebagai pengguna ataupun pemilik.Laptop-Tercanggih

Berikut Tips-Tips Menjaga dan Merawat Laptop Anda:

1. Gunakan Baterai dengan benar

Kiat ini penting anda yang baru saja membeli laptop baru atau mengganti baterai lama dengan yang baru. Isilah baterai tersebut sesuai petunjuk yang ada di buku manual. Jangan biasakan meninggalkan laptop Anda dalam keadaan baterai sedang diisi ulang, karena proses charging yang berlebihan (overcharging) dapat memperpendek usia dan merusak baterai. Jadi perhatikan selalu indicator pengisian baterai yang ada di laptop anda.

2. Pasang pelindung

Pasanglah pelindung di laptop Anda. Mulai dari pelindung layar (screen protector), pelindung casing laptop (cover protector), sampai pelindung keyboard (keyvoard protector). Tujuanya tentu untuk mengurangi resiko cacat fisik yang dapat disebabkan oleh goresan atau terkena tumpahan air/minyak. Selain itu, protector ini juga dapat mencegah laptop cepat kotor dan mudah untuk dibersihkan.

3. Lepaskan baterai jika perlu

Apabila anda akan menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas saja baterai dan sambungkan kabel power laptop ke catuan listrik secara langsung. Kiat ini berguna untuk memperpanjang usia baterai dan menghemat daya baterai.

4. Jangan kasar

Seperti benda elektronik berengsel lainnya, Anda perlu extra hati-hati ketika membuka dan menutup laptop. Jangan melakukannya dengan kasar, apalagi memaksa. Hal ini akan bisa mengakibatkan engsel laptop patah. Kebiasaan membuka dan menutup laptop yang terlalu sering sebaiknya juga dikurangi karena dapat merusak komponen konektor display yang ada disekitar engsel laptop.

5. Jangan diletakkan sembarangan

Jangan menggunakan laptop diatas permukaan yang lunak (contoh : kasur) atau diatas pangkuan Anda. Karena dapat menyumbat lubang ataupun celah-celah saluran udara sehingga aliran udara panas tidak berjalan dengan baik.

6. Gunakan Cooling pad

Pasang cooling pada pada laptop Anda. Hal ini berguna untuk membantu sirkulasi pengeluaran udara panas di dalam laptop.

7. Hindari tempat panas

Panas merupakan musuh besar barang-barang elektronik, jadi tidak terkecuali laptop. Jadi ingatlah untuk selalu menjauhkan laptop Anda dari sinar matahari langsung maupun ruangan bersuhu tinggi untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen-kompenen dan baterai.

8. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

Hal ini perlu diperhatikan karena jika diatas laptop diletakkan benda berat maka akan menambah tekanan kebawah yang mengakibatkan

9. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard.

10. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup.

Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

http://contohartikelku.com

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini