Tips Hari Ini

Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00

Ruang kerja yang tertata rapi tentu membentuk etos kerja kita sendiri di manapun, apakah itu di  rumah, kantor, atau pun area lain  sepanjang fungsinya mendukung aktivitas kita dalam berusaha. Dimanapun ruang kerja Anda di rumah, baik di ruang makan, ruang keluarga bahkan ruang tidur, Anda harus mengatur ruangan sedemikian rupa untuk mendukung aktivitas Anda sebagai entrepreneur hebat.

Pola dan sistematika berpikir serta manajemen waktu akan membentuk kelancaran aktivitas usaha setiap wirausahawan. Demikian pun, pembentukan pola berpikir dan beraktivitas akan tercermin dari kerapian dari peletakan dokumen, pengarsipan serta penataan materi pendukung usaha. Kelihatannya sepele, namun ruang kerja yang rapi akan membantu meningkatkan kenyamanan ruang usaha yang tentunya akan berdampak pada produktivitas pelaku usahanya.

Salah satu tips menata ruang kerja yang nyaman di rumah Anda  adalah bagaimana menata peralatan dengan membedakan kategori berdasarkan frekuensi pemakaian, yaitu selalu digunakan, sering digunakan, hingga yang jarang atau hanya apabila dibutuhkan saja. Kategori selalu digunakan, misalnya peralatan komputer, kalender, kertas memo bisa ditempatkan di atas meja dan dekat dengan jangkauan tangan. Benda pendukung lain yang hanya sesekali digunakan, seperti selotip, penghapus, kalkulator atau kertas kosong bisa disimpan di laci meja.

Selain kenyamanan ruangan, dibutuhkan juga lemari penyimpanan yang bisa digunakan untuk penempatan kertas-kertas, mesin fax, printer, serta buku-buku referensi dan perlengkapan lainnya. Lemari penyimpanan bisa memanfaatkan ruang-ruang tak terpakai, seperti misalnya area bawah tangga, sepanjang koridor, bahkan Anda bisa berkreasi dengan menempatkan lemari di bawah meja kerja atau langit-langit ruangan.  Menghindari hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi dalam bekerja juga merupakan hal yang harus dilakukan. Bon-bon tagihan, katalog atau brosur liburan serta benda pribadi lainnya merupakan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja. Jauhkan benda-benda tersebut dari posisi Anda beraktivitas, apabila perlu, simpan di dalam laci tertutup.

Setelah Anda mempraktekkan beberapa tips dalam menata ruang kerja yang nyaman di rumah, maka selanjutnya adalah menetapkan disiplin dari segi waktu serta aktivitas rumahtangga sehari-hari. Dan satu hal yang paling utama adalah merubah cara berpikir Anda bahwa rumah juga adalah tempat Anda bekerja, bukan hanya tempat tinggal. Dengan demikian, Anda bisa memisahkan antara kegiatan berusaha dan bersantai. Semoga dengan menata ruang kerja yang nyaman di rumah, produktivitas dalam bekerja juga semakin meningkat.

http://lestari-linda.blogspot.com

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini