Tips Hari Ini

Tips Sehat Saat menghadapi Puasa & Cuaca Ekstrim

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00

Menjalankan ibadah puasa dicuaca pancaroba membuat tantangan umat muslim semakin besar. Selain menjalankan ibadah secara wajib, umat muslim juga harus tetap menjaga kesehatan agar ibada puasa ramadhan 1434 H berjalan dengan mulus. Seiring dengan kegiatan selama 1 bulan penuh ini, ada kalanya Anda dapat menjaga kesehatan saat puasa dan saat cuaca yang tidak pasti ini.

Pancaroba memang identik engan cuaca panas yang amat sangat dan hujan deras yang datang secara tiba-tiba. Agar terhindar dari penyakit seperti flu batuk, masuk angin, dan gangguan pencernaan, ada kalanya Anda harus mulai bersikap bijak terhadap tubuh Anda.

Ada saran menarik bagi Anda yang ingin tetap fit dicuaca hujan serta saat menjalankan ibadah puasa. Dilansir info yang berasal dari health.okezone.com, Dr Shilpa Mittal - Ahli Gizi, Diet konsultan dan pendiri Nutrilife Health Management-Mumbai memberikan saran mengenai menjaga tubuh di musim hujan yang dapat membuat Anda terus fit.

Anda dapat mengkonsumsi Mengonsumsi teh herbal hangat seperti teh jahe, teh lemon saat sudah terguyur hujan bisa melindungi kesehatan tubuh. Hal ini karena selain teh jahe dan lemon dapat menghangatkan tubuh, mengonsumsi itu juga membantu meningkatkan antibodi Anda. Sehingga Anda pun jadi tak mudah sakit.

Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Hal ini karena nutrisi yang ada di dalam kandungan kedua komponen seperti vitamin C dan E dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sementara itu, Anda juga harus pula memerhatikan kondisi buah yang dikonsumsi, sebab tak jarang banyak larva, debu ataupun cacing di dalamnya. Karenanya, Anda harus merendam dahulu buah-sayuran yang Anda makan ke dalam air garam selama sekira sepuluh menit.

Memasak aneka makanan dengan tingkat kematangan secara keseluruhan. Hal ini karena bila Anda memakan makanan mentah, umumnya sering mengundang masalah kesehatan bagi Anda sendiri.

Usahakan untuk lebih memilih memotong buah-buahan untuk Anda makan, dibanding mengonsumsi goreng-gorengan yang ada di pinggir jalan.

Pengendalian diri ialah kunci bisa terus sehat dalam cuaca tak bersahabat. Hal ini karena saat hujan tubuh sulit untuk mencerna makanan dengan cepat. Jadi Anda harus bisa mengidentifikasi makanan apa saja yang baik dan tak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selamat mencoba tips dari kami.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Elja Radio

    Elja Radio

    Radio Komunitas Radio komunitas yang berafiliasi kepada Elja Media Corp. official media PSS Sleman


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini