Tips Hari Ini

Tips Hindari Serangan Stroke

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Penyakit stroke menjadi ancaman bagi setiap orang. Selain menimbulkan kematian, stroke bisa menyebabkan cacat permanen. Dampak lainnya pun bermacam-macam. Keluarga bisa terlantar dan biaya penyembuhannya pun bisa puluhan juta rupiah. Ada beberapa cara agar Anda terhindar dari ancaman stroke. Simak tips di bawah ini!

Rajin memeriksa tekanan darah
Periksa tekanan darah Anda secara rutin. Minimal satu bulan sekali. Tekanan darah normal di bawah 140 / 90. Jika tekanan dara Anda lebih dari batas tersebut, segera memeriksakan diri ke dokter.

Stop kebiasaan merokok
Sampai sejauh ini tak ada sisi positif dari kebiasaan ini. Agar terhindar dari stroke hentikan sekarang juga kebiasaan merokok. Menurut beberapa penelitian, risiko terserang stroke menurun sebanyak 33 % bagi mereka yang tak merokok.


Rajin memeriksakan leher
Mintalah dokter untuk mengecek ada tidaknya bunyi mendesing di leher. Tindakan ini untuk memastikan apakah Anda mengalami penerasan dan penebalan pembuluh darah (aterosklerosis) atau tidak. Penyumbatan di pembuluh darah bisa mempertinggi risiko terserang stroke.

Rutin melakukan olah raga
Seperti diketahui bahwa aktivitas fisik mampu mengurangi risiko stroke. Menurut beberap sumber, mereka yang aktif berolah raga di rentang usia 25 - 40 tahun, risiko terserang stroke menurun sampai 57 persen. Sedangkan bagi mulai berolah raga di usia 40 - 55 tahun, risikonyaa turun sebanyak 37 persen.

Meningkatkan konsumsi potasium
Bahan makanan seperti kentang, alpukat, kedelai, ikan salmon, tomat, dan pisang merupakan sumber potasium. Konsumsi makanan jenis ini mengurangi risiko terserang stroke hingga 40 persen.

Mengurangi konsumsi lemak

Konsumsi lemak lebih dari 25 persen dari kebutuhan kalori berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Menjauhi alkohol
Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko terserang stroke. Sebelum terlambat lebih baik berhenti atau tidak usah mencoba sama sekali.

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini