Tips Hari Ini

Bagaimana Cara Menawar Barang di Malioboro

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Malioboro menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya karena banyaknya barang aneka bentuk dan jenis yang ditawarkan. Seperti halnya pasar tradisional lainnya, urusan tawar menawar pun jadi seni tersendiri. Tidak ada rumus bakunya. Lebih seru lagi kalau bisa dapat harga yang miring. Ingin tahu trik-nya? Simak terus tulisan di bawah ini!

Jangan pegang kalau tak niat membeli

Selama berjalan-jalan di Malioboro, jika tak berniat membeli jangan memegang, membolak-balik barang lalu meninggalkan penjual begitu saja. Ada yang bisa menerima perlakuan seperti itu, ada yang tidak. Ketimbang ribut lebih baik Anda hanya datang ke lapak yang benar-benar menarik perhatian saja.

Senyum dan salam

Sebelum menawar  Anda sebaiknya mengucapkan salam, "Selamat pagi"  dan sebagainya. Seperti slogan Anda sopan kami pun segan. Ingat, kadang harga jual juga ditentukan mood penjualnya. Eh, siapa tahu kalau mood mereka baik harganya juga semakin bersahabat.  

Menawarlah dengan bersahabat

Semisal, penjualnya memberi harga Rp 10.000, jangan semena-mena langsung menurunkannya jadi Rp. 1000. Cobalah sepertiga dari harga yang ditawarkan, lalu naikkan sedikit demi sedikit. Meski pembeli adalah raja, namun bukan berarti itu membuat Anda semena-mena. 

Diskon secara akumulatif

Jika Anda membeli barang dalam jumlah banyak, sebaiknya meminta diskon secara akumulatif atau dari total belanja. Jumlahnya akan lebih besar ketimbang Anda meminta diskon item per item. 

Ucapkan terima kasih

Baik Anda deal atau no deal, ucapkanlah terima kasih. Selain "tolong" dan "maaf", kata terima kasih bisa membuat suasana tetap hangat.

Semoga tips hari ini berguna. Selamat mencoba!


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini