Tips Hari Ini

Cara Membuat Es Kopi Enak dan Mudah

Oleh : albertus indratno / Senin, 00 0000 00:00

Bikin es kopi enak memang jadi tantangan tersendiri. Bagaimana kopi yang biasanya diseduh pakai air panas harus dicampur es. Masalah muncul saat bubuk kopi justru menggumpal. Bukannya minuman nikmat didapat, justru bikin Anda menggeliat karena sakit perut. 

Banyak cara pernah diulas. Ada yang berhasil. Tak sedikit yang rasanya justru tak karuan. Nah, kami punya solusinya. Sederhana dan bisa langsung dicoba. Ini dia tipsnya!

Carilah teko bening 

Sebaiknya Anda menggunakan teko dari kaca bening. Ini karena Anda bisa melihat proses pencampuran kopi, apakah sudah sempurna atau belum. Masukkan bahan kopi, gula serta krim bersamaan sesuai selera. Lalu, tambahkan air panas secukupnya.

Tunggu sebentar

Setelah semua proses selesai, tunggulah sampai kopi benar-benar dingin. Lalu masukkan ke dalam kulkas. 

Coba tiga cara

Campurkan kopi tadi dengan es batu. Ada beberapa gaya dalam meminum es kopi seperti Jepang, Vietnam dan Thailand. Salah satu bedanya ada pada komposisi air dan penggunaan es batu.

Es kopi ala Jepang menggantikan sebagian air untuk menyeduh dengan es batu. Hasil akhirnya, es kopi lebih kental dan tidak terlalu encer. Sedangkan gaya Thailand beda lagi. Cara membuatnya sama seperti es kopi biasa. Hanya ditambahkan susu kental manis, whiped cream, kayu manis serta kapulaga. 

Atau bisa juga Anda coba es kopi bergaya Vietnam. Bedanya hanya pada penggunaan biji kopi saja. Es kopi dari negara yang dipimpin Truon Tan Sang ini menggunakan biji robusta yang dipanggang. 

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda. Selamat mencoba!

 

Tim gudeg.net


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini