Tips Hari Ini

5 Cara Tetap Sehat Saat Kerja Lembur

Oleh : Thia Destiani / Senin, 05 Oktober 2015 03:35

Awal pekan telah dimulai, berbagai rutinitas kerja kembali seperti semula. Berbagai tugas dan pekerjaan menanti untuk segera diselesaikan. Bukan tidak mungkin Anda harus bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Sebelum memulai kerja lembur Anda, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar tubuh Anda tetap segar dan sehat, simak tips berikut ini.

Minum Air Putih yang Cukup

Pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan air yang cukup. Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Siapkan air putih dalam botol atau gelas yang mudah dijangkau. Minumlah secara teratur sedikit demi sedikit dan jangan menunggu sampai haus.

Makan Makanan Sehat

Sebelum memulai aktivitas lembur Anda, pastikan Anda sudah menyantap makanan yang sehat. Masukkan sayuran segar dalam daftar menu makan Anda. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak. Pilih makanan yang terbuat dari bahan baku yang segar. Makanan yang sehat akan membentengi tubuh Anda dari berbagai penyakit.

Hindari Rokok

Banyak orang beranggapan merokok dapat membuat semangat kerja Anda menjadi lebih bergairah. Namun benarkah demikian? Tidak jauh berbeda dengan kafein, merokok memang membuat Anda dapat terjaga lebih lama, hanya saja kandungan nikotin dalam rokok dapat meningkatkan resiko stres dan juga memperburuk kesehatan. Untuk itu, sebaiknya hindari merokok saat melakukan kerja lembur.

Siapkan Camilan Sehat

Ngemil atau menikmati makanan ringan seringkali menjadi pilihan orang untuk menjaga semangatanya agar tidak mudah mengantuk. Hanya saja, tak jarang cemilan yang dipilih untuk menemani aktivitas lembur adalah camilan dengan jenis tidak sehat yang mampu meningkatkan resiko obesitas. Untuk menjaga semangat agar tetap terjaga dan membuat rasa kantuk tidak sering muncul selama kerja lembur, gantilah cemilan Anda dengan makanan yang lebih sehat. Cemilan bukan berarti selalu makanan ringan yang berbumbu, buah dan sayur pun bisa Anda jadikan sebagai cemilan sehat. Jika anda kurang menyukai menyantap buah dan sayur secara langsung, maka anda bisa mengkombinasikan makanan ini dengan dikemas menjadi jus atau salad yang nikmat.

Lakukan Relaksasi atau Senam Ringan

Ketika berhadapan dengan komputer atau laptop terus-menerus  akan membuat badan pegal. Ada baiknya lakukan break sebentar, lakukan olah-raga ringan yang mampu memberikan relaksasi bagi tubuh. Terlalu serius dengan kegiatan Anda saat begadang akan mengakibatkan urat-urat syaraf Anda tegang. Lakukanlah olah raga ringan seperti menggerak-gerakkan kepala, pergelangan tangan atau kaki untuk membuat Anda lebih rileks dan kembali fit. Buatlah gerakan senam otak sebentar saja, setelah fresh lanjutkan lagi kegiatan Anda.

Demikian tips dari Gudegnet semoga dapat membantu Anda menyiapkan diri untuk lembur di pekan ini. Sampai jumpa di tips menarik selanjutnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini