Tips Hari Ini

Tips Merawat Mobil Tua

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 15 Oktober 2015 08:14

Memiliki mobil tua merupakan keasyikan tersendiri. Selain terlihat vintage, mobil tua juga memiliki keunikan dan nilai historis. Bagi Anda yang penggemar mobil tua dengan desain klasik dan mesin tua, berikut ini tips merawat mobil tua untuk Anda.

Ganti Oli Mobil

Untuk mobil yang berusia lebih dari 10 tahun, ganti oli setiap 2500 km. Dengan demikian, tingkat emisi dapat ditekan dan meringankan beban kinerjanya. Untuk proteksi optimal, sebaiknya gunakan oli dengan kekentalan SAE 10- 40 W atau 15-40 W.

Periksa Kabel

Kabel penghantar listrik juga perlu diperhatikan. Banyak mobil-mobil tua sering ditemukan dengan kondisi kabel yang amburadul, ditambal di sana-sini, sehingga membuat hantaran listrik tidak bekerja dengan maksimal. Akibat lain bila mengabaikan hal ini adalah mogok tiba-tiba di tengah jalan karena listrik mati secara mendadak.

Pengecekan Mesin

Pengecekan mesin harus dillakukan agar mesin tetap terjaga saat berkendara, apalagi mobil anda mobil tua yang sering sekali mogok atau rusak. Perhatikan juga komponen-komponennya seperti ring, piston, dan karet-karet penyangga serta perhatikan juga bagian sistem pengapiannya. Jika ada komponen yang rusak atau sudah mulai melemah langsung ganti dengan komponen baru.

Perbaikan Eksterior dan Interior

Penggantian eksterior dan interior juga sangat diperlukan untuk memberi kenyamanan pada pengendara  atau penumpang, seperti mengganti jok mobil atau melakukan pengecatan ulang  jika cat sudah kusam atau memudar. Bila ada korosi, segera tambal agar tidak menyebar dan tutupi agar tetap terlihat bagus.

Perhatikan Kaki-Kaki Mobil

Kondisi kaki-kaki mobil berusia tua sebaiknya harus dalam kondisi prima seperti pada bagian ball joint, tie rod, bushing arm, suspense dan karet stabilizer, ini adalah cara agar tidak terjadi bunyi yang tidak diinginkan di sekitar bagian chasis mobil anda, suara yang mengganggu pada mobil juga bisa terjadi akibat besi yang saling berhimpitan diantara kaki-kaki.

Semoga tips dari Gudegnet bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini