Tips Hari Ini

3 Tips Top Teruji Membuat Pembaca Merindukan Anda Segera

Oleh : Albertus Indratno / Senin, 19 Oktober 2015 13:48

Ketika menulis buku "7 Steps of Writing Coaching" yang kemudian dalam 2 bulan cetak ulang 3 kali, satu pelajaran berharga yang saya petik adalah tentang pentingnya wajah pembaca bagi saya. Membayangkan wajah pembaca memudahkan saya menyelesaikan penulisan buku hanya dalam waktu 7 hari saja.

Sebelum saya berbagi tips, saya mau ajak anda simak cerita pendek saya ini. Saat terlintas judul buku "7 Steps of Writing Coaching", yang tempuh pertama adalah mendesain sampul dulu. Ada 3 desain yang kemudian saya unggah ke media sosial, terutama FB. Kepada teman-teman saya mintakan pendapat sampul mana yang paling menarik.

Alhamdulillah, saya dikelilingi teman-teman yang baik, yang dengan ringan hati mau meluangkan waktu menyimak, menimbang, dan akhirnya menyatakan saran. Banyak di antara mereka pula yang langsung mendaftarkan diri sebagai pemesan.

Daftar nama itu yang jadi modal utama saya menulis. Saya kenal betul siapa empunya nama-nama itu. Saya tahu apa profesi, hobi, dan minat mereka. Ini memudahkan saya menulis karena saya tahu apa yang saya tulis memang mereka butuhkan. 

Wajah-wajah pembaca hadir personal di layar laptop saya. Senyum mereka melambungkan semangat saya menyelesaikan halaman demi halaman. Kerinduan mereka untuk menulis memacu semangat saya untuk lekas merampungkan penulisan buku. Tak terbayangkan kesedihan mereka jika naskah saya tidak selesai atau selesai namun tidak memenuhi harapan saya.

Tegangan antara kegembiraan dan kesedihan itu yang mengawal saya menulis sampai selesai. Lelah sebentar istirahat. Kembali bersemangat, apalagi setiap saat ada saja yang menanyakan kapan buku bisa mereka terima dan baca.

Menulis di era digital media sungguh makin memudahkan saya merampungkan banyak proyek penulisan, baik artikel maupun buku. Jadi, bagi anda yang mau mudah selesaikan tulisan seperti saya, kuncinya sederhana saja.

  1. Kenali pembaca secara personal
  2. Sapa dan dengarkan apa yang mereka mau
  3. Tunjukkan dalam tulisan bahwa anda sungguh-sungguh memikirkan mereka.

Mudah, kan?

 

Salam kreatif,


@AAKuntoA
Penulis Buku "7 Steps of Writing Coaching"
Pemimpin Redaksi HarianBernaa.com
aakuntoa.com | solusiide.com


Verba Volant, Scripta Manent - yang terucap lenyap, yang tertulis abadi

Salam menulis,

@AAKuntoA
CoachWriter

write coaching | ghost writing | hypno writing | book editing | in house training 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini