Tips Hari Ini

8 Cara Tidur Cepat dan Nyenyak

Oleh : Thia Destiani / Rabu, 21 Oktober 2015 15:20

Tak sedikit orang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Penyebabnya adalah pikiran yang seolah tak bisa berhenti berpikir untuk sekejap beristirahat, setidaknya sebanyak delapan jam hingga matahari terbit menerangi langit waktu pagi. Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Bagi Anda yang memiliki gangguan tidur, simak tips dari Gudegnet berikut ini.

Mematikan Semua Lampu dan Peralatan Elektronik

Ruang yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk. Begitu juga dengan peralatan elektronik terutama televisi dan gadget. Matikan televisi dan jauhkan gadget dari tempat tidur Anda agar tidak mengganggu saat hendak tidur.

Mendengarkan Musik

Musik atau rekaman suara yang damai bisa sangat efektif untuk membiarkan pikiran Anda mengembara dan tertidur. Beberapa orang yang mendengarkan suara hujan, suara seperti hutan, musik klasik lembut, bisa membantuya untuk tertidur.

Kurangi Asupan Kafein

Jika Anda mengalami masalah dengan tidur secara terus-menerus, mungkin sudah saatnya untuk mengurangi asupan kafein Anda. Kafein bisa bertahan dalam tubuh hingga lima jam setelah dikonsumsi, sehingga yang terbaik adalah minum kopi terakhir sekitar jam waktu makan siang.

Kesegaran Udara

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Buka jendela secara berkala untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan gunakan alat pembersih udara. Jika perlu gunakan aromaterapi yang bisa membuat kita lebih tenang.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energi yang didapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam. Cobalah olahraga seperti aerobik, berjalan, berenang, atau bersepeda.

Mengatur Jadwal Tidur

Menyiapkan jadwal tidur yang terdefinisi dengan baik benar-benar bisa membantu untuk mengatur pola tidur Anda. Cobalah untuk bangun dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap hari, setidaknya pada hari-hari kerja. Seiring dengan waktu, hal ini akan memungkinkan jam biologis tubuh Anda secara alami mengenali kapan saatnya untuk pergi tidur, sehingga membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

Bersihkan Tempat Tidur Secara Teratur

Alergi yang dapat menyebabkan bersin-bersin, pilek, ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur Anda terganggu. Hal tersebut mungkin dikarenakan tempat tidur Anda dipenuhi debu, kutu, dan segala macam penyebab alergi lainnya. Bersihkanlah tempat tidur Anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur.

Mengatur Napas

Bernapas sangat mempengaruhi fisiologi dan proses berpikir, termasuk suasana hati. Dengan hanya memfokuskan perhatian pada pernapasan tanpa mengubah apa-apa, Anda telah bergerak ke arah relaksasi. Bernapas selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik kemudian hembuskan selama delapan hitungan. Berlatih napas seperti ini setiap hari menjelang tidur dapat membantu Anda tertidur lelap.

Demikian tips dari Gudegnet, semoga bermanfaat bagi Anda. Nantikan tips menarik lainnya hanya di www.gudeg.net.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini